Tolak Yerusalem Ibu Kota Israel, Indonesia Diharapkan Galang Dukungan Dunia

"Yerusalem isu yang sangat sensitif di Timur Tengah, kami berharap AS bisa bijaksana dalam soal ini," kata Sukamta.

Tolak Yerusalem Ibu Kota Israel, Indonesia Diharapkan Galang Dukungan Dunia
Masjidil Aqsha yang sudah dipenuhi bangunan sebagai dampak 'yahudisasi'.

Terkait

 

Hidayatullah.com– Kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel mendapat banyak sorotan dunia, termasuk dari dalam negeri Indonesia.

Kebijakan kontroversial Trump itu juga dikritik oleh anggota Komisi I DPR RI, Sukamta. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan, kebijakan tersebut jelas akan memicu ketegangan yang luas di Timur Tengah.

“Yerusalem isu yang sangat sensitif di Timur Tengah, kami berharap AS bisa bijaksana dalam soal ini,” kata Sukamta kepada hidayatullah.com di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Rabu (06/12/2017).

Menurutnya, Yerusalem sebagai ibu kota Israel, akan mementahkan puluhan tahun pembicaraan damai yang sudah dilakukan.

Lebih lanjut, Sukamta mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi yang memanggil Dubes AS Joseph R Donovan Jr. untuk membicarakan isu tersebut.

“Sangat positif yang dilakukan oleh Bu Retno Marsudi, ini bukti komitmen RI untuk mendukung Kemerdekaan Palestina dan proses perdamaian yang terus berjalan,” menurutnya.

Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS ini berharap, Pemerintah Indonesia bisa melakukan langkah strategis dengan menggalang dukungan yang lebih luas dari negara-negara OKI dan juga Eropa untuk menolak gagasan Trump tersebut.

“Saya yakin ada banyak pihak yang tidak setuju dengan gagasan Presiden Trump tersebut. Dan ini bisa dijadikan momentum untuk pembicaraan peta jalan damai yang lebih konkret,” pungkasnya optimistis.* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !