Sekjen: Komitmen NU, Rakyat Berdaulat atas Tanah

"Sehingga kita betul-betul bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri."

Sekjen: Komitmen NU, Rakyat Berdaulat atas Tanah
andi/hidayatullah.com
Sekjen PBNU Helmy Faisal Zaini di kantor PBNU, Jakarta

Terkait

Hidayatullah.com– Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faisal Zaini mengatakan, ketimpangan bangsa Indonesia sudah lampu merah.

Ia mengutip data dari World Bank yang menyatakan, 1 persen orang kaya menguasai 50 persen aset dan 10 persen orang kaya meguasai 74 persen aset.

Ditengarai, kata dia, ada satu pengusaha yang menguasai tiga juta hektare aset.

Baca: Pimpinan MPR: Umumnya Tanah di Indonesia Dikuasai Segelintir Orang

Helmy menilai, lahan tanah yang akan dibagikan oleh Presiden Joko Widodo sejumlah 11 juta hektare sebetulnya belum merepresentasikan potensi-potensi lain yang saat ini dikuasai oleh beberapa orang dan beberapa perusahaan.

Karena itu, ia menginginkan adanya penghitungan lahan secara akurat.

“Pada saatnya PBNU akan minta presiden agar tanah-tanah itu dikembalikan lagi kepada rakyat.

Ini bagian dari komitmen NU yang disebut sebagai land reform atau reforma agraria adalah bagaimana caranya rakyat ini berdaya dan diberikan kedaulatan tanah, sehingga kita betul-betul bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Helmy kepada wartawan termasuk hidayatullah.com di Gedung PBNU lantai lima, Jakarta, kemarin.

Baca: Munas Alim Ulama dan Konbes NU, RUU KUHP akan Dibahas

Regulasi soal penguasaan lahan menjadi salah satu topik yang akan dibahas pada Musyawarah Nasional Alim Ulama NU di Nusa Tenggara Barat, tanggal 23-25 November 2017.

Acara ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh duta-duta besar dan pejabat-pejabat negara.* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !