Wapres: Masyarakat Dituntut Makmurkan Masjid, Masjid Makmurkan Masyarakat

“Di samping mengadakan pengajian keagamaan tentu juga penting pengajian keduniaan karena hidup ini kita mesti bahagia dunia dan akhirat," ujar Wapres Jusuf Kalla.

Wapres: Masyarakat Dituntut Makmurkan Masjid, Masjid Makmurkan Masyarakat
wapresri.go.id
Wapres JK pada acara Rapat Pimpinan Nasional Badan Koordinasi Majelis-Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) di Tebet, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Di tengah-tengah arus informasi yang begitu bebas dan cepat, Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengingatkan dampak negatif yang selama ini muncul, bersamaan dengan keterbukaan dan kemajuan teknologi saat ini.

Untuk itu, peran ibu-ibu melalui kegiatan di majelis taklim masjid sangat penting untuk menjaga keluarganya, sehingga dapat terhindar dari berbagai ancaman yang banyak timbul di tengah-tengah masyarakat.

Demikian pesan Wapres JK saat memberikan sambutan kepada peserta Rapat Pimpinan Nasional Badan Koordinasi Majelis-Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI), pekan ini di Hotel Sofyan Inn Tebet, Jakarta.

“Sekarang ini begitu pesat perkembangan teknologi, begitu juga banyak masalah-masalah yang timbul akibat perkembangan itu. Begitu juga disekeliling kita (banyak timbul, Red) pemikiran-pemikiran radikal bisa merusak tatanan dan menimbulkan masalah di masyarakat. Semua orang bisa menyaksikan masalah tersebut langsung dari telepon (pintar) anda semua. Ini hanya bisa kita selesaikan dengan moral dan keimanan yang baik,” ungkapnya lansir Setwapres, Rabu (15/11/2017).

Baca: Gencarkan Peduli Lingkungan, MUI-DMI Bangun Program ecoMasjid

Selain itu, lanjut Wapres JK, majelis taklim masjid diharapkan mampu menjadi sarana pencerah dan pelindung masyarakat dari berbagai masalah yang timbul di masyarakat. Dengan demikian maka, pengajaran yang dilakukan oleh para ibu-ibu dalam forum majelis taklim masjid akan dirasakan manfaatnya.

Lebih lanjut, Wapres JK mengatakan, masyarakat tidak hanya selalu dituntut untuk memakmurkan masjid namun sebaliknya masjid juga harus mampu memakmurkan masyarakat. Untuk mewujudkan itu, tidak hanya mengkaji bagaimana meraih kebahagiaan akhirat, namun juga bagaimana menjalani hidup untuk kehidupan duniawi.

“Di samping mengadakan pengajian keagamaan tentu juga penting pengajian keduniaan karena hidup ini kita mesti bahagia dunia dan akhirat…. Maka (majelis taklim masjid) ada upaya untuk menggabungkan dua kegiatan ini (seperti mengajarkan) bagaimana hidup ini sehat, ekonomi rumah tangga yang baik, pendidikan anak yang baik di samping bagaimana menjalankan ibadah dan mempelajari al-Qur’an (dengan baik),” pesannya.

Di kesempatan tersebut, Wapres JK tak lupa juga menyampaikan terima kasih atas upaya BKMM-DMI yang tak pernah lelah selama ini serta berharap akan dapat mandiri di masa yang akan datang.

Baca: Muktamar ke-7 DMI, “Mantapkan Akselerasi Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid”

“Terima kasih segala upayanya. Dewan Masjid Indonesia akan berupaya membantu (kerja keras, Red) Majelis Taklim, tapi tentu yang paling banyak membantu adalah bantuan masyarakat sendiri karena yang mengambil manfaatnya adalah masyarakat,” tutur Ketua Umum DMI ini.

Pada acara tersebut, Wapres JK didampingi Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Dukungan Bidang Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, serta Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daaerah Syahrul Udjud.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !