Dompet Dakwah Media

Kemendikbud Sepakat Aliran Kepercayaan Bukan Agama

Terdapat 187 organisasi aliran kepercayaan yang didirikan di 13 provinsi dan menjangkau hingga 27 provinsi, dengan kepengurusan cabang meliputi 136 kabupaten dan 46 kota.

Kemendikbud Sepakat Aliran Kepercayaan Bukan Agama
yahya g nasrullah/hidayatullah.com
Irjen Kemendikbud Daryanto (tengah) bersama Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin (kanan) di kantor MUI, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Daryanto mengatakan, pihaknya sepakat bahwa aliran kepercayaan berbeda dengan agama.

“Oleh karena itu diserahkan pelayanannya kepada Kemendikbud. Walaupun kami tidak dalam posisi memberikan komentar terhadap putusan MK,” ujarnya saat bertemu dengan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Daryanto menjelaskan, Kemendikbud memang mengemban amanah untuk memberikan layanan warga negara yang menganut aliran kepercayaan yang diakomodasi di Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi.

Baca: Soal Aliran Kepercayaan, MUI: Penerapan Putusan MK Sulit

Dalam perjalanannya, terang Daryanto, Kemendikbud tidak hanya melayani penganut aliran kepercayaan, tapi juga terus mendorong para penghayat dalam melakukan ritualnya untuk tidak nyeberang atau membuat keributan terhadap penganut agama yang sudah ada.

Ia menyatakan, menyerahkan sepenuhnya bagaimana keputusan persoalan aliran kepercayaan kepada stakeholder terkait.

“Posisi kami tetap memberikan layanan sebagaimana yang sudah dilakukan selama ini,” tandasnya.

Baca: Putusan MK Dikhawatirkan Menimbulkan Kasus Penodaan Agama

Pada kesempatan itu, Daryanto juga menyampaikan data terkait aliran percayaan. Dikatakannya, terdapat 187 organisasi aliran kepercayaan yang didirikan di 13 provinsi dan menjangkau hingga 27 provinsi, dengan kepengurusan cabang meliputi 136 kabupaten dan 46 kota. Serta sebanyak 350.050 jiwa menjadi penganutnya.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !