Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Soal Reklamasi, Forum Alumni PETISI akan Sampaikan Hasil Kajian ke Presiden

ist.
Acara deklarasi Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi di Muara Kamal, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi menggelar deklarasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Kamal, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017).

Ketua Presidium Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi, Akhmad Syarbini (alumni ITB) menuturkan, “Deklarasi ini diselenggarakan dikarenakan kegiatan nelayan dan kondisi lingkungan di lokasi ini dinilai sebagai salah satu yang paling terdampak buruk oleh proyek reklamasi Teluk Jakarta.”

Forum tersebut pun akan memprakarsai dilakukannya sejumlah kajian dan diskusi yang lebih mendalam lagi soal reklamasi Jakarta. Yaitu meliputi kajian teknik dan lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya, serta hukum dan pertahanan-keamanan nasional.

Hasil kajian tersebut nantinya akan segera diserahkan sebagai rekomendasi Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi kepada Presiden RI, DPR RI, Pemprov DKI Jakarta, DPRD DKI, Kemenko Maritim, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta lembaga terkait lainnya.

Baca: Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Deklarasikan Tolak Reklamasi

Akhmad pun menambahkan, sebagai intelektual yang lahir dari rakyat, maka sudah sewajarnya setiap alumni perguruan tinggi membela kepentingan rakyat banyak. Bukan membela kemauan segelintir penguasa dan pengusaha besar yang berkolaborasi memainkan kepentingan mereka sendiri.

“Reklamasi Teluk Jakarta bukan lagi masalah DKI Jakarta semata, melainkan sudah menjadi isu nasional. Karena itu, melalui Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi, mengajak segenap alumni perguruan tinggi seluruh Indonesia untuk kompak menyuarakan setop reklamasi dan menolak pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta. Forum juga akan mengawal proses dihentikannya proyek reklamasi untuk selamanya,” tegas Akhmad kepada oleh hidayatullah.com.

Dalam deklarasinya, Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi mendesak Presiden Joko Widodo agar segera membatalkan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta yang dilakukan oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Forum pun menyerukan pemerintah agar menghentikan pembangunan proyek reklamasi yang masih berlangsung dan selanjutnya.

Demi menentukan nasib pulau-pulau reklamasi yang sudah terlanjur dibangun di Teluk Jakarta, perlu dikaji secara mendalam agar dampaknya tidak merugikan kepentingan rakyat dan berdampak buruk terhadap lingkungan.

Baca: Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi Desak Presiden Batalkan Pencabutan Moratorium

Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi, jelasnya, terdiri dari sebanyak 5.948 alumni yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Tadulako (Untad) Palu, dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

 

Gerakan Tolak Reklamasi yang muncul simultan dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air ini katanya terinspirasi oleh Petisi Menolak Proyek Reklamasi di Teluk Jakarta yang digulirkan lebih dari 1.500 Alumni ITB pada tanggal 24 Oktober lalu.* Zulkarnain

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Refly Harun: Suasana Takut Mengkritik Benar Adanya

Refly Harun: Suasana Takut Mengkritik Benar Adanya

Wasekjen PKS: Jangan Lupakan Sejarah Kelam 1965

Wasekjen PKS: Jangan Lupakan Sejarah Kelam 1965

Abdul Mannan: Korupsi Produk Pendidikan Sekuler

Abdul Mannan: Korupsi Produk Pendidikan Sekuler

Muhammadiyah: Poligami Diperbolehkan Bagi yang Mampu

Muhammadiyah: Poligami Diperbolehkan Bagi yang Mampu

Dewan Da’wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Dewan Da’wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Baca Juga

Berita Lainnya