Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi Desak Presiden Batalkan Pencabutan Moratorium

Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi meminta Presiden Jokowi untuk melakukan kajian secara mendalam peruntukan pulau-pulau hasil reklamasi Teluk Jakarta, agar tidak merugikan kepentingan rakyat banyak dan berdampak terhadap lingkungan dengan memperhatikan sepenuhnya amanat UUD 1945.

Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi Desak Presiden Batalkan Pencabutan Moratorium
ist.
Acara deklarasi Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi di Muara Kamal, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi mendesak Presiden Joko Widodo untuk membatalkan pencabutan moratorium (penghentian sementara) reklamasi Teluk Jakarta.

Demikian salah satu poin pernyataan sikap Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi yang dibacakan secara bergantian oleh perwakilan perguruan tinggi dalam acara Deklarasi Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi di TPI Kampung Nelayan, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017) siang-sore.

Ada 8 poin pernyataan lainnya. Pada poin selanjutnya, dengan mengedepankan kepentingan rakyat, Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi menyatakan secara tegas menolak pelaksanaan reklamasi Teluk Jakarta.

Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi pun mendesak Presiden Jokowi untuk menghentikan pelaksanaan proyek reklamasi Teluk Jakarta yang sampai saat ini masih berlangsung.

Baca juga: Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Deklarasikan Tolak Reklamasi

Kemudian, Forum itu mendesak Presiden Jokowi dan institusi negara yang berwenang untuk mengusut secara tuntas dan menindak para pihak yang terlibat dalam proses perizinan pelaksanaan reklamasi Teluk Jakarta. “Termasuk penerbitan Sertifikat Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta dan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta,” imbuhnya.

Forum itu juga mendesak Presiden Jokowi memerintahkan institusi terkait untuk membatalkan Sertifikat Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta dan menetapkan pulau-pulau hasil reklamasi Teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun agar dikuasai oleh negara dan digunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Pada poin keenam, Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi meminta Presiden Jokowi untuk melakukan kajian secara mendalam peruntukan pulau-pulau hasil reklamasi Teluk Jakarta, agar tidak merugikan kepentingan rakyat banyak dan berdampak terhadap lingkungan dengan memperhatikan sepenuhnya amanat UUD 1945.

Selanjutnya, Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi menyatakan, reklamasi Teluk Jakarta bukan lagi masalah DKI Jakarta semata, melainkan sudah menjadi masalah nasional yang harus segera diselesaikan.

Baca: Alumni ITB Desak Presiden Batalkan Pencabutan Moratorium Reklamasi

Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi pun mengajak segenap alumni dan mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia serta elemen masyarakat lainnya, untuk bersatu padu menolak reklamasi Teluk Jakarta.

“Kesembilan, Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi bersama masyarakat Indonesia bertekad mengawal dihentikannya proyek pembangunan reklamasi tersebut untuk selamanya,” sebut Agus Maksum, Presidium Forum itu sebagai perwakilan dari Institus Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang kebagian membacakan poin terakhir tersebut.

Acara deklarasi itu dihadiri selain dari elemen Forum, juga oleh warga dari Muara Kamal, Luar Batang, Aquarium, para nelayan. “Alhamdulillah acara berlangsung lancar,” ujar Agus Maksum kepada hidayatullah.com sore ini selepas acara tersebut.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !