Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Deklarasikan Tolak Reklamasi

ist.
Acara deklarasi Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi di Muara Kamal, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi mendeklarasikan forum itu di Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017). Mereka juga menyatakan sikap penolakan atas mega proyek reklamasi Teluk Jakarta.

“Kami Alumni Perguruan Tinggi seluruh Indonesia dengan ini mendeklarasikan Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Tolak Reklamasi disingkat Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi,” sebut Ketua Presidium Forum, Akhmad Syarbini, yang juga perwakilan dari alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), membacakan deklarasi itu diikuti para perserta.

Deklarasi itu jelasnya sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian terhadap penanganan Teluk Jakarta, yang dinilai mengabaikan aspek hukum, teknologi, lingkungan hidup, sosial, ekonomi, budaya, politik, pertahanan dan keamanan, serta berbagai aspek lainnya.

“Mengingat Jakarta sebagai Ibukota Negara, maka tindakan pengabaian dan pelanggaran tersebut dapat mengancam kedaulatan bangsa dan negara Indonesia,” sebutnya.

Baca: IMM: Demi Jaga Muruah, Presiden Harus Tolak Reklamasi

Oleh karena itu, Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi bertekad melakukan berbagai upaya sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk berperan serta dalam menolak reklamasi di Teluk Jakarta, tegasnya.

Selain penyampaian deklarasi, Forum juga menyampaikan pernyataan sikap menolak proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Acara tersebut berlangsung di TPI Kampung Nelayan, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, dimulai sekitar pukul 14.30 WIB hingga sekitar pukul 16.15 WIB.

Dalam pantauan acara ini dihadiri sekitar 500 orang, selain dari kalangan alumni perguruan tinggi juga dari kalangan masyarakat setempat. Petugas keamanan dari TNI/Polri turut hadir menjaga keamanan, jelas salah seorang peserta acara, Agus Maksum, yang juga Presidium Forum perwakilan dari Institus Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

“Masyarakat di sini tidak ada yang mendukung reklamasi,” ujarnya kepada hidayatullah.com, sore ini selepas acara tersebut.

Baca: Tolak Reklamasi, Alumni Unand: Masih Banyak Pulau Belum Berpenghuni

Sedikitnya sebanyak 12 perwakilan perguruan tinggi yang alumninya mendeklarasikan Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi, antara lain dari ITB, UI, IPB, ITS, UNBRAW, UNPAD, UNPAR, UNAND, UNHAS, UGM, dan lain sebagainya.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Proyek Liberalisasi Indonesia Masuki Tahap Ekstrim

Proyek Liberalisasi Indonesia Masuki Tahap Ekstrim

Dari Lembaga Bahasa Arab Kini jadi Ilmu Syariah Terbaik di Indonesia

Dari Lembaga Bahasa Arab Kini jadi Ilmu Syariah Terbaik di Indonesia

Rais Am PBNU: Tantangan NU Semakin Kompleks Hadapi Aliran Menyimpang

Rais Am PBNU: Tantangan NU Semakin Kompleks Hadapi Aliran Menyimpang

DPR: Kapasitas Produksi Sangat Besar, Mestinya Tak Perlu Impor Beras

DPR: Kapasitas Produksi Sangat Besar, Mestinya Tak Perlu Impor Beras

MER-C dan FPI Beri Layanan Pengobatan Pengungsi Mesuji

MER-C dan FPI Beri Layanan Pengobatan Pengungsi Mesuji

Baca Juga

Berita Lainnya