Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

FK UB Ingin Lebih Menggaungkan Lagi Shalat Berjamaah

fk.ub.ac.id
Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya di Malang, Jawa Timur.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Baru-baru ini, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB), Malang, Jawa Timur, mengeluarkan Surat Edaran berisi imbauan shalat berjamaah di awal waktu kepada seluruh sivitas akademika di lingkungan kampus tersebut.

Imbauan itu dikeluarkan dalam rangka lebih meningkatkan lagi syiar shalat berjamaah bagi seluruh sivitas di lingkungan kampus tersebut.

Imbauan shalat berjamaah itu, jelas Dekan FK UB Sri Andarini, dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan bagi sivitas akademika di lingkungan FK UB, khususnya untuk membentuk sumber daya manusia yang memiliki karakter ihsan.

Imbauan itu pun diharapkan mendapat respons positif dari segenap sivitas akademika.

“Ya semoga (begitu), kan, ini baru ya. Walaupun sebenarnya tingkatannya sudah, cuma kita lebih menggaungkan lagi, biar temen-temen nanti yang dulu ndak ikut (shalat) jamaah tepat waktu nanti bisa ikut gitu,” ujar Kepala Tata Usaha FK UB Lulut Endi Sutrisno di kantornya kepada hidayatullah.com, Selasa (07/11/2017) lalu saat diwawancara via sambungan telepon.

Baca: FK Universitas Brawijaya Rilis Surat Imbauan Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah di lingkungan kampus itu katanya selama ini berlangsung di sejumlah mushalla di lingkungan kampus FK UB. Sebab FK UB saat ini tidak punya masjid, menurut Lulut.

“Jadi ya masjidnya sudah tersentral di Raden Patah dekat Universitas. Jadi mushalla-mushalla ini memang ada dan Alhamdulillah ya selalu ramai. Dan kebetulan memang malah ndak muat. Jadi shalat itu gantian gitu,” jelasnya.

Artinya, sebelum adanya surat edaran imbauan itu, kultur shalat berjamah di FK UB diakui sudah terbangun. “Ke depan juga kita mau bangun mushalla yang lebih representatif lagi. Kita semua gedung ada mushallanya. Kalau enggak salah, 5 mushalla,” imbuhnya.

Menurutnya pun, kultur beragama khususnya Islam di lingkungan FK UB cukup agamis. Termasuk dalam hal berpakaian, misalnya.

“Sampai cara berpakaian pun cukup santun gitu. Mahasiswa engak boleh pakai jeans, ada aturannya juga. Cara berpakaian, cara nelpon ke pimpinan, kan gitu, memang kulturnya sudah terbentuk seperti itu.

Pakaian pun mahasiswa enggak ada yang kalau pakaian yang agak seronok (tertawa). Jadi mahasiswa juga sudah disiplin gitu, dan menjaga auratnya gitu loh,” tambahnya diiringi nada menegaskan.

Baca: Bupati Halmahera Selatan Keluarkan Surat Edaran Shalat Berjamaah bagi Muslim

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnnya, Surat Edaran bernomor 015/UN10.7/TU/2017 itu berperihal imbauan shalat berjamaah di awal waktu bagi sivitas akademika di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Surat yang ditujukan kepada seluruh sivitas akademika dimaksud itu ditandatangani di Malang oleh Dekan Fakultas, Dr dr Sri Andarini MKes, tertanggal 2 November 2017 lalu.

“Ya itu untuk menegakkan syiar agama Islam di FK,” jelas Lulut.*

Salinan surat edaran imbauan shalat berjamaah di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang. [Foto: Ist.]

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Haedar Nashir: Muhammadiyah Kehilangan Prof Yunahar Sosok Ulama Santun

Haedar Nashir: Muhammadiyah Kehilangan Prof Yunahar Sosok Ulama Santun

Hari Ini TPM dan MER-C Beberkan Pertemuan di Dewan HAM PBB

Hari Ini TPM dan MER-C Beberkan Pertemuan di Dewan HAM PBB

Beberapa Fakta Sejarah Serangan Syiah pada Ahlus Sunnah

Beberapa Fakta Sejarah Serangan Syiah pada Ahlus Sunnah

Anies-Sandiaga dan Agus-Sylviana Pasangan Penantang Ahok-Djarot

Anies-Sandiaga dan Agus-Sylviana Pasangan Penantang Ahok-Djarot

BMH Adakan Sekolah Ramadhan untuk Pengungsi Gempa

BMH Adakan Sekolah Ramadhan untuk Pengungsi Gempa

Baca Juga

Berita Lainnya