Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, PKS: Kokohkan Aqidah Ahlussunnah Waljamaah

Lomba tersebut merupakan rangkaian dari Puncak Milad Fraksi PKS DPR RI yang diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2017.

Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, PKS: Kokohkan Aqidah Ahlussunnah Waljamaah
pks
Milad ke-13 FPKS.

Terkait

Hidayatullah.com– Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Final Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional ke-2 di Gedung Markaz Dakwah DPP PKS, Jl Simatupang, Jakarta Selatan, Ahad (22/10/2017).

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini mengatakan, lomba tersebut merupakan rangkaian dari Puncak Milad ke-13 Fraksi PKS DPR RI yang diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2017.

Ia menyampaikan, sebagaimana tahun sebelumnya, Lomba Baca Kitab Kuning kali ini juga mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

“Laporan panitia tahun ini diikuti oleh 1.094 peserta dari berbagai pesantren di 16 Provinsi. Tentu kami mengapresiasi partisipasi ini dan hal ini menunjukkan ghirah pembelajaran kitab kuning yang luar biasa di kalangan generasi muda,” ujarnya kepada hidayatullah.com dalam keterangan tertulis.

Menurut Jazuli, FPKS merupakan satu-satunya fraksi di DPR yang menyelenggarakan lomba baca kitab kuning.

“Ini menunjukkan kesungguhan dan kecintaan PKS terhadap ulama dan tradisi intelektual Islam yang diajarkan di pesantren-pesantren. Lebih dari itu, lomba ini adalah sarana mengokohkan aqidah ahlussunnah waljamaah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi I DPR yang fasih dan hafal sejumlah kitab kuning ini menjelaskan, tujuan diadakannya lomba untuk menumbuhkan kecintaan kepada ulama, kiai, dan habaib karena telah berjasa dalam menerangi jalan umat untuk memahami ajaran Islam.

Kemudian, lanjutnya, untuk mendorong generasi muda Indonesia agar cinta dan mempelajari bahasa Arab. Karena bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’an dan bahasa khazanah keilmuwan atau intelektual Islam yang orisinal.

“Dengan demikian, lomba ini sekalugus mendorong intelektualitas di kalangan generasi bangsa,” tegasnya.

Karenanya, Jazuli mengajak dan berharap, agar generasi muda, termasuk kader dan simpatisan PKS, untuk mencintai ulama dengan menghidupkan karya-karya klasik mereka.

Lomba Baca Kitab Kuning ke-2 dimenangkan oleh Muhammad Al-Habib bin Mansur Ma’ruf dari Darul Lughoh wa Da’wah Bangil Pasuruan, Jawa Timur. Ia memperoleh hadiah berupa piala dan akan diberangkatkan umrah, serta kitab-kitab.

Juara 2 diraih Muhammad Amri Azmatkhan dari Ma’had Az-Zein Al ‘Aly Al Makky Ciampea Bogor, Jawa Barat. Juara 3 disandang Faisal Murni dari Ponpes Babul Istiqomah Aceh Barat Daya, DI Aceh.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor:

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !