Senin, 20 September 2021 / 12 Safar 1443 H

Nasional

Wakil PM Turki Kunjungi Aceh, Seriusi Penanaman Modal Investasi

RRI.co.id
Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik, saat berkunjung ke Banda Aceh, Provinsi Aceh, Jumat (13/10/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik, berkunjung ke Provinsi Aceh. Rombongan Wakil Perdana Menteri Turki disambut langsung oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, pukul 11.00 WIB, Jumat (13/10/2017).

Setibanya di Bandara SIM, rombongan Wakil Perdana Menteri Turki langsung menuju Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat.

Usai shalat Jumat, Wakil Perdana Menteri Turki juga sempat menyampaikan pidato singkat. Kemudian ia dijamu makan siang di Pendapa Gubernur Aceh.

Baca: Hafal 30 Juz, 30 Santri Aceh Dapat Beasiswa ke Turki

Dalam Lawatannya ke Aceh ini, Fikri Isik membahas berbagai agenda termasuk peluang investasi di Bumi Serambi Mekkah. Bersama rombongan Wakil Perdana Menteri juga turut hadir beberapa pengusaha dari Turki serta Duta Besar Turki untuk Indonesia.

Fikri Isik kepada awak media menyampaikan, Aceh dengan Turki merupakan sahabat yang tak terpisahkan, maka tidak lengkap rasanya saat kunjungan kenegaraan ke Indonesia tidak singgah di Aceh.

“Tujuan awalnya sebenarnya kami mengikuti rapat ekonomi di Jakarta. Namun kami berpikir bahwa datang ke Jakarta tanpa singgah ke Aceh merupakan sebuah kesalahan dan aib bagi kami.

Untung kami datang ke Aceh. Dengan begini kami mengingat kembali sejarah hubungan kita dan seperti yang kita ketahui Turki adalah negara pertama yang datang ke Aceh untuk membantu korban tsunami,” ujar Fikri Isik lansir Kantor Berita Radio Nasional (KBRN).

Baca: Masyarakat Peringati Sejarah Hubungan Kesulatan Aceh – Turki Usmani

Fikri Isik juga menyampaikan dalam kunjungan ini, pihaknya serius untuk menanamkan modal investasi ke Aceh dengan menggaet para pengusaha Turki.

Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyambut baik rencana investasi Turki ke Aceh. Menurutnya, fokus investasi yang akan dijalin dengan Turki di bidang energi sumber daya listrik.

“Semua ditawarkan peluang investasi, tapi yang udah ada sambutan dari Turki adalah di bidang energi listrik. Saya sudah meneken kontrak MoU dengan tiga perusahaan Turki. Dua perusahaan di bidang pembangkit tenaga listrik tenaga gas dan satu perusahaan di bidang Geothermal,” jelas Irwandi.

Fikri Isik dalam kunjungannya ke Aceh juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke lokasi wisata Museum Tsunami Aceh, PLTD Apung, dan perkampungan Turki yang ada di Aceh.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

163 Syuhada Terangi Kemenangan Perlawanan Gaza

163 Syuhada Terangi Kemenangan Perlawanan Gaza

Panci Teflon pun Disertifikasi Halal, Kenapa?

Panci Teflon pun Disertifikasi Halal, Kenapa?

PBB: Stop Agresi Militer ke Libya!

PBB: Stop Agresi Militer ke Libya!

Menag Bahas soal kemungkinan Penyempurnaan UU PNPS Tahun 1965

Menag Bahas soal kemungkinan Penyempurnaan UU PNPS Tahun 1965

Fauzan Al-Anshari : Waspadai Pernyataan Hendropriyono

Fauzan Al-Anshari : Waspadai Pernyataan Hendropriyono

Baca Juga

Berita Lainnya