Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

HUT ke-72, TNI Diharapkan Terus Bersama Rakyat, Tetap Kompak dengan Polri

puspen tni
"Bersama Rakyat, TNI Kuat"
Bagikan:

Hidayatullah.com– Hari ini, Kamis (05/10/2017), Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati usianya yang ke-72 tahun. Perayaan HUT ke-72 TNI digelar di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Provinsi Banten, berdasarkan pantauan, berlangsung begitu meriah.

Acara peringatan itu dimeriahkan dengan drama, parade alat pertahanan, simulasi pertempuran udara, simulasi operasi penanganan terorisme, serta unjuk kebolehan prajurit.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengapresiasi semangat pengabdian TNI kepada bangsa dan negara. Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada para prajurit atas komitmen, profesionalisme, dan dedikasi mereka.

Baca: Jaga Aqidah dan Akhlak, TNI Dorong Para Santri Jadi Benteng Terakhir NKRI

Sementara itu, TNI oleh banyak pihak diharapkan semakin dengan rakyat. Slogan “Bersama Rakyat TNI Kuat” menjadi ungkapan yang terus didengungkan pada peringatan HUT ke-72 TNI di Cilegon tersebut.

Demikian pula, TNI diharapkan tetap menjaga kekompakan dengan institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), apalagi mengingat kondisi perpolitikan di Indonesia belakangan ini.

Harapan itu antara lain disampaikan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Jenderal TNI (Purn), lulusan terbaik AKABRI (1973).

“Alhamdulillah, di usianya yang ke-72 tahun TNI kita makin maju. Saya bangga dengan postur dan persenjataan TNI yang makin lengkap dan modern *SBY*,” ujar SBY lewat akun terverifikasinya media sosial Twitter, Kamis ini.

Baca: Siapa di Balik 5.000 Pucuk Senjata Ilegal, Panglima TNI Dinilai Sebaiknya Buka ke Publik

“Sebagai pelaku reformasi, saya berharap TNI tetap tegak lurus kepada negara sesuai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. TNI milik seluruh rakyat *SBY*,” tambahnya.

“Sebagai senior TNI dan mantan Kepala Negara, saya sungguh berharap TNI tetap kompak dengan Polri. Itu kekuatan kita *SBY*,” kicau SBY.

Di Cilegon, Presiden Jokowi mengatakan, sebagaimana pesan Jenderal Soedirman, politik TNI adalah mengutamakan negara, dan loyalitas tentara untuk kepentingan bangsa.

Loyalitas bagi kepentingan bangsa dan negara berarti kesetiaan memperjuangkan kepentingan rakyat, menjaga kesatuan NKRI dan setia kepada pemerintahan yang sah.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi para prajurit dalam menjalankan tugas-tugas berat yang penuh risiko,” ujar Presiden kutip Antara.

Baca: Panglima TNI Siap Kirim Pasukan ke Myanmar, Kapolri akan Temui Kepala Kepolisiannya

Pada perayaan HUT ke-72 TNI itu, tampak rakyat turut berbaur menyaksikan langsung antara lain parade latihan TNI.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Anggota DPR: Produk Tak Halal Wajib Cantumkan Tanda Khusus

Anggota DPR: Produk Tak Halal Wajib Cantumkan Tanda Khusus

Pemerintah RI Didorong Bangun Perjanjian Ekstradisi dengan Semua Anggota ASEAN

Pemerintah RI Didorong Bangun Perjanjian Ekstradisi dengan Semua Anggota ASEAN

Anggota DPR: Biaya Tambahan “Top Up” Uang Elektronik Merugikan Masyarakat

Anggota DPR: Biaya Tambahan “Top Up” Uang Elektronik Merugikan Masyarakat

MUI, NU, Muhammadiyah Apresiasi Pemerintah Tunda Bahas RUU HIP

MUI, NU, Muhammadiyah Apresiasi Pemerintah Tunda Bahas RUU HIP

Setahun Kasus Penyerangan Novel, Jokowi Didesak lagi Bentuk TGPF

Setahun Kasus Penyerangan Novel, Jokowi Didesak lagi Bentuk TGPF

Baca Juga

Berita Lainnya