Warga Musuk Terdampak Kekeringan, 15 Tangki Air Bersih Disalurkan ke Boyolali

Bantuan air bersih lewat PKPU ini sekaligus dalam rangka 'World Water Day 2017'. Ia berharap, penyaluran air bersih ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat.

Warga Musuk Terdampak Kekeringan, 15 Tangki Air Bersih Disalurkan ke Boyolali

Terkait

Hidayatullah.com– Meskipun sudah memasuki musim penghujan, warga Kecamatan Musuk di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, masih kesulitan memperoleh air bersih, setiap harinya warga harus membeli.

Atas kondisi tersebut, PKPU Solo menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 15 tangki ke beberapa kelurahan di Kecamatan Musuk pada Selasa (26/09/2017) lalu.

Ketua PKPU Solo, Achmad Azis Alfian, mengatakan, meski warga mengandalkan air tadah hujan namun tidak bisa mencukupi kebutuhan konsumsi dan kebutuhan seharian mereka.

“Mereka harus berjalan jauh untuk sampai sumber air,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/09/2017).

Sementara itu, perwakilan warga, Mbah Marso bercerita, musim kemarau yang berlangsung lama dan mengakibatkan kekeringan ini juga berdampak pada mata pencaharian para penduduk yang mayoritas bercocok tanam, membuat hasil pertanian menjadi turun.

“Bahkan kita harus meminjam uang untuk membeli air. Untuk memenuhi kebutuhan air dalam 6.000 liter digunakan untuk 20 hari,” paparnya.

Azis menambahkan, bantuan air bersih ini sekaligus dalam rangka ‘World Water Day 2017’. Ia berharap, penyaluran air bersih ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !