Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Kembangkan Potensi Wakaf Produktif, BWI Bangun Rumah Sakit Mata

Ali Muhtadin/hidayatullah.com
Acara Badan Wakaf Indonesia (BWI) luncurkan Buku Pedoman Akuntansi Wakaf di The Sultan Hotel, Jakarta, Selasa (08/08/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Badan Wakaf Indonesia (BWI) menilai, jumlah fasilitas kesehatan di Indonesia masih sangat kurang. Disebutkan, rasio antara tempat tidur rumah sakit dan jumlah penduduk masih belum ideal, yakni 1 tempat tidur berbanding 1.000 penduduk.

Hal itu mendorong BWI untuk mengembangkan potensi wakaf kepada sektor produktif, salah satunya adalah rumah sakit.

“Kami ingin tunjukkan kepada masyarakat bahwa wakaf bukan hanya bisa untuk mendirikan masjid, madrasah, dan kuburan,” ujar Wakil Ketua Badan Pelaksana BWI, Profesor Syibli Syarjaya, daam siaran pers, Rabu (27/09/2017).

Baca: Pesan Prof Abdul Aziz Darwis, Umat Islam Harus Punya Rumah Sakit

Syibli berharap, rumah sakit yang akan segera beroperasi ini bukan hanya berdampak baik bagi masyarakat Banten. Lebih dari itu, kehadiran rumah sakit wakaf tersebut bisa memicu efek positif yang lebih besar bagi kemajuan wakaf di Indonesia.

“Kita berharap masyarakat semakin bergairah untuk berwakaf. Para nazhir (penerima dan pengelola harta benda wakaf. Red) semakin yakin untuk mengembangkan wakaf produktif apa pun bentuknya. Dan, wakaf bisa semakin berperan positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam berbagai bidang,” jelasnya.

Rumah Sakit Mata yang dibangun di atas sebidang tanah seluas 2.348 meter persegi yang berada di Jl Raya Taktakan, Kota Serang, Banten, ini dalam pengelolaannya, katanya, bekerja sama dengan DD.

Baca: Resmi Sebagai Nazhir Wakaf Uang, BMH Buka Program Wakaf Pendirian Rumah Sakit, Minimarket, dan Sekolah Unggulan

Laznas itu katanya sebelum mengelola rumah sakit mata ini, sudah mengelola Rumah Sehat Terpadu di Bogor, Jawa Barat, dan Rumah Sakit AKA Medika, Lampung. Keduanya juga didirikan dan dikelola berbasis wakaf dari masyarakat.

Rencananya Rumah Sakit Mata ini diluncurkan hari ini, Kamis (28/09/2017), dan akan dihadiri pengurus BWI Pusat, DD, keluarga wakif, Wali Kota Serang, Direktorat Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Kanwil Kemenag Banten, Kantor Kemenag Serang, Dinas Kesehatan Serang, dan berbagai pihak lainnya.*

Rep: Yahya G Nasrullah
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Kemdikbud Diminta Bijak Perlakukan Siswa Penyandang Disabilitas

Kemdikbud Diminta Bijak Perlakukan Siswa Penyandang Disabilitas

Mendikbud: di Tubuh TNI dan Pramuka Ada Darah Hizbul Wathan

Mendikbud: di Tubuh TNI dan Pramuka Ada Darah Hizbul Wathan

Timses Jokowi-JK Diteriaki Jamaah Pengajian Muhammadiyah

Timses Jokowi-JK Diteriaki Jamaah Pengajian Muhammadiyah

Perlindungan Remaja, Perlu Keterlibatan Keluarga dan Masyarakat

Perlindungan Remaja, Perlu Keterlibatan Keluarga dan Masyarakat

Baznas Bangun Balai Pengobatan di Sidoarjo

Baznas Bangun Balai Pengobatan di Sidoarjo

Baca Juga

Berita Lainnya