Tragedi Kemanusiaan Rohingya

Muhammadiyah Berangkatkan Tim Kemanusiaan ke Bangladesh

Sejak Januari lalu MuhammadiyahAid telah melakukan need assessment (analisis kebutuhan) di Rakhine sebelum terjadinya eksodus ratusan ribu penduduk ke Bangladesh.

Muhammadiyah Berangkatkan Tim Kemanusiaan ke Bangladesh
ist.
Tim kemanusiaan MuhammadiyahAid di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, sebelum berangkat ke Bangladesh, Jumat (22/09/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Sejumlah ormas dan lembaga kemanusiaan di Indonesia telah memberangkatkan tim kemanusiaannya ke Myanmar maupun Bangladesh.

Termasuk Muhammadiyah, Jumat siang (22/09/2017), memberangkatkan Misi Kemanusiaan MuhammadiyahAid ke Bangladesh.

PP Muhammadiyah dengan bendera MuhammadiyaAid melepas Tim Medis yang berangkat ke Distrik Cox’s Bazar, Bangladesh, dalam misi kemanusiaan membantu para pengungsi Muslim Rohingya yang terusir dari kampung halaman mereka di provinsi Rakhine, Myanmar.

Baca: Muhammadiyah Minta Pemerintah Pertimbangkan Kawasan Pengungsi Rohingya

Tim Medis MuhammadiyahAid dipimpin oleh Dr Corona Setiawan beranggotakan tiga orang dokter dan sembilan perawat serta personel supervisi dari LazisMu. Mereka berangkat ke Bangladesh dan langsung berkoordinasi dengan anggota MuhammadiyahAid yang telah berada di Dhaka sejak 17 September lalu.

“Di sana Tim MuhammadiyahAid bekerja sama dengan LSM lokal di Cox’s Bazar akan melakukan pelayanan kesehatan sekaligus memberikan bantuan 0bat-obatan dan makanan nutrisi balita,” ujar Dr Corona Setiawan dalam rilis diterima hidayatullah.com.

Selain itu, tim akan melakukan kajian mendalam untuk bantuan kemanusiaan jangka panjang dalam penanganan nasib Muslim Rohingya di Myanmar.

Baca: Dukung Bobotoh Peduli Rohingya, Dahnil Kritisi PSSI Beri Sanksi Persib

Sekadar info, sejak Januari lalu MuhammadiyahAid telah melakukan need assessment (analisis kebutuhan) di Rakhine sebelum terjadinya eksodus ratusan ribu penduduk ke Bangladesh.

Di sana Muhammadiyah bertemu dengan pemerintah lokal termasuk mengunjungi 5 kamp IDPs untuk memberikan bantuan.

Pada bulan Mei, MuhammadyahAid kembali ke Myanmar dan bertemu dengan 14 LSM lokal, LSM Internasional/PBB, dan pemerintah kabupaten/kecamatan di sana.

MuhammadiyahAid merupakan komitmen PP Muhammadiyah dalam melaksanakan amanat Muktamar untuk turut aktif dalam bantuan kemanusiaan internasional.

Baca: Sebagian Bantuan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya Telah Didistribusikan

MuhammadiyahAid menyalurkannya bagi saudara-saudara Muslim Rohingya.

Secara khusus, PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih atas partisipasi serta keikhlasan bantuan terutama dari warga dan simpatisan Muhammadiyah juga masyarakat secara umum.

“Bantuan kita semua insya Allah disalurkan kepada yang berhak yakni saudara-saudara kita Muslim Rohingya,” pungkasnya.*

Rep: Niesky Abdullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !