Gus Ipul: Cukup Jadi Manusia untuk Bela Rohingya

Wakil Gubernur Jawa Timur juga meminta agar segala macam penindasan yang berlawanan dengan nilai-nilai kemanusiaan harus dihentikan, seperti yang menimpa Muslim Rohingya di Myanmar.

Gus Ipul: Cukup Jadi Manusia untuk Bela Rohingya
Sirajuddin Muslim/hidayatullah.com
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dalam acara "Tangis Rohingya: Malam Testimoni Kesedihan dan Penggalangan Dana" di Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam (15/09/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Menyikapi kejahatan, penindasan, dan kebiadaban yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap Muslim Rohingya, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyerukan agar hal tercela tersebut segera dihentikan.

Seruan tersebut disampaikan saat ia menghadiri acara yang bertajuk “Tangis Rohingya: Malam Testimoni Kesedihan dan Penggalangan Dana” di ruang Borobudur, Hotel Garden Palace Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam (15/09/2017).

Gus Ipul, sapaan akrabnya, juga meminta agar segala macam penindasan yang berlawanan dengan nilai-nilai kemanusiaan harus dihentikan, seperti yang menimpa Muslim Rohingya di Myanmar.

“Saat ini, kita ibarat hidup dalam sebuah aquarium. Semua hal yang dilakukan oleh seluruh umat manusia bisa dilihat dari seluruh penjuru dunia.

Baca: Al Azhar Mesir Mengutuk ‘Kegagalan Hati Nurani Internasional’ terhadap Rohingya

Tragedi kemanusiaan Muslim Rohingya, merupakan salah satu bentuk pembunuhan…. Intinya kita ingin dihentikan. Segala pembunuhan, penyiksaan, harus dihentikan. Kita bisa melihat dengan mata kita yang mengusik perasaan sebagai sesama manusia,” terangnya.

Ia juga menegaskan, permasalahan tragedi kemanusiaan Muslim Rohingya harus dipandang sebagai bentuk kepedulian antar sesama manusia, tidak hanya jadi tugas kaum Muslim semata.

“Kita harus membantu saudara kita atas nama manusia. Tidak perlu jadi Muslim, tapi posisikan diri kita sebagai manusia yang memiliki kepedulian,” lanjutnya.

Kegiatan yang digelar oleh Suara Muslim dan sejumlah lembaga seperti ICMI Jatim, ACT (Aksi Cepat Tanggap), dan LMI itu juga dihadiri Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie, Ketua Kadin Kota Surabaya Jamhadi, Ketua ICMI Jatim Ismail Nachu, dan CEO Suara Muslim Surabaya Irwitono Soewito.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !