Dompet Dakwah Media

Indonesia Disebut Punya Kunci Selesaikan Krisis Rohingya

"Saya kira ini tahun terakhir Indonesia menjadi anggota di Dewan HAM PBB, dan ini kesempatan Indonesia ntuk mengatasi masalah kemanusian di Rakhine."

Indonesia Disebut Punya Kunci Selesaikan Krisis Rohingya
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Bocah pengungsi Rohingya berwudhu di pengungsian Kuala Langsa, Kota Langsa, Aceh, Mei 2015.

Terkait

Hidayatullah.com– Direktur Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid, menyatakan bahwa kekerasan yang terjadi di Rakhine, Myanmar, secara hukum internasional masuk pada kejahatan yang paling serius.

“Dengan demikian kejahatan ini masuk dalam Mahkamah Kejahatan Internasional,” ujarnya kepada hidayatullah.com di Kantor Amnesty Internasional Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/09/2017).

Namun, katanya, hal itu terhalang oleh status keanggotaan Myanmar dalam Mahkamah Pidana Internasional yang sudah tidak ada.

“Myanmar tidak pernah meratifikasi Mahkamah Pidana Internasional,” tambahnya.

Baca: Indonesia Kirim Bantuan untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Baca: Soal Rohingya, Indonesia Diharapkan Berperan Signifikan, Kontinu, Tak Hanya Reaktif

Peluang lainnya terkait penyelesaian krisis kemanusiaan Rohingya tersebut, sambung Hamid, adalah jika ada keputusan politik dari Dewan Keamanan PBB.

“Tapi itu masih dalam proses pembahasan,” ujarnya.

Di samping itu, menurut Hamid, pemerintah Indonesia mempunyai kunci dalam menyelesaikan kekerasan atas Rohingya tersebut.

“Saya kira ini tahun terakhir Indonesia menjadi anggota di Dewan HAM PBB, dan ini kesempatan Indonesia untuk mengatasi masalah kemanusiaan di Rakhine,” pungkasnya.* Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !