Dompet Dakwah Media

BHRN: Di Myanmar Ada Intoleransi Agama, Pemerintah Anggap Muslim Berbahaya

Dikatakannya, bahwa pemerintah Myanmar menganggap Muslim adalah bahaya yang harus dikontaminasi dan dikontrol. Bahkan beberapa rumah sakit menolak memberikan pertolongan darurat karena alasan etnis dan kepercayaan.

BHRN: Di Myanmar Ada Intoleransi Agama, Pemerintah Anggap Muslim Berbahaya

Terkait

Hidayatullah.com– Laporan Burma Human Right Network (BHRN) mengungkap, pihak berwenang di Myanmar melarang atau memblokir pembangunan kembali masjid yang telah rusak. Diketahui, sejumlah besar masjid di Myanmar telah rusak atau hancur seluruhnya dalam beberapa tahun terakhir.

Direktur Eksekutif BHRN, Kyaw Win mengatakan, pihaknya juga menemukan adanya intoleransi agama di Myanmar dalam beberapa kejadian.

Baca: Forum Pemuda Lintas Agama: Myanmar Bisa Belajar Keberagaman dari Indonesia

Salah satunya dimana pemerintah Myanmar melarang komunitas Muslim untuk berkumpul di wilayah pribadi untuk berdoa dan melarang perayaan hari keagamaan Islam.

Pelarangan hari keagamaan Islam tersebut pernah terjadi pada Januari 2017, ketika umat Muslim merayakan peringatan Maulid Nabi. Acara tersebut mendapat tekanan dari kelompok nasionalis lokal, dan akhirnya dibatalkan.

Baca: Aktivis Buddha Myanmar Kembali Bakar Masjid

Selain itu, Kyaw menambahkan, telah terjadi peningkatan tajam jumlah desa yang ada di Myanmar yang menyatakan diri mereka sebagai zona larangan bagi umat Muslim. Setidaknya, BHRN menemukan ada 21 desa yang menerapkan hal itu.

“Dimana penduduk setempat, dengan izin dari yang bersangkutan, pihak berwenang, telah memasang papan tanda peringatan agar umat Islam tidak masuk ke wilayahnya,” ujarnya dalam diskusi di Wahid Institute, Jakarta, Kamis (14/09/2017).

Baca: ‘Zona Bebas Muslim’ Dinilai Semakin Meningkat di Myanmar

Dalam laporan BHRN, Kyaw menambahkan, pemerintahan Myanmar juga melarang pembangunan madrasah.

Dikatakannya, bahwa pemerintah Myanmar menganggap Muslim adalah bahaya yang harus dikontaminasi dan dikontrol. Bahkan beberapa rumah sakit menolak memberikan pertolongan darurat karena alasan etnis dan kepercayaan.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !