Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Menag Ajak Jamaah Haji Doakan Muslim Rohingya

Ismail untuk hidayatullah.com
Sejumlah jamaah haji sedang berdoa di tempat lempar jumrah di Tanah Suci, Sabtu, 11 Dzulhijjah 1438 H (02/09/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak jamaah haji Indonesia untuk mendoakan masyarakat Muslim Rohingya agar segera terbebas dari penderitaannya. Saat ini etnis Rohingya di Rakhine terus menghadapi tekanan berupa aksi kekerasan oleh rezim berkuasa Myanmar.

Menurut Menag, doa adalah salah satu cara umat Islam untuk membantu sesamanya yang sedang mengalami cobaan atau masalah. Bagi para jamaah haji, kata dia, berdoa jauh lebih baik ketimbang melakukan hal lain yang tak lebih produktif.

Baca: Menag: Myanmar Harus Lindungi Muslim Rohingya

“Tanah Suci memiliki arti yang istimewa terutama di musim haji. Ada sejumlah tempat dan waktu yang mustajabah. Jika jamaah haji yang hakikatnya adalah tamu-tamu Allah berdoa di tempat tersebut di waktu yang tepat, insya Allah doanya akan dikabulkan,” terang Menag di Makkah, Arab Saudi, Ahad (03/09/2017) dalam keterangan tertulisnya kepada hidayatullah.com.

Selain doa yang dikhususkan bagi keselamatan masyarakat Rohingya, Menag berharap jamaah haji juga mendoakan pemerintah agar lancar dan berhasil dalam menjalankan skenario mengatasi krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar. Saat ini pemerintah RI katanya telah melakukan berbagai langkah konkret terkait krisis tersebut.

Baca: Doakan Rohingya, KH Arifin Ilham: Kebiadaban Myanmar untuk Menguji Keimanan dan Ukhuwah Kita

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, hari ini, Senin (04/09/2017), Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi bertolak ke Myanmar untuk melakukan lobi politik. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari komunikasi dengan sejumlah pihak terkait di luar negeri, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Komunikasi intensif ditempuh untuk mempermudah upaya penghentian kekerasan, perlindungan warga, akses bantuan keselamatan, rekonsiliasi demokratisasi dan pembangunan inklusif, hingga tercapainya solusi final atas krisis.

“Pemerintah jelas tidak tinggal diam terhadap masalah ini. Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan secara konkret. Marilah bahu membahu membantu Rohingya dengan cara yang produktif,” ajak Lukman.

Baca: Doa untuk Suriah dan Rohingya Dari Musholla Baabul Firdaus

Menag juga mengajak jamaah haji untuk mendoakan pemerintah Myanmar agar diberi kesadaran untuk lebih mengedepankan sisi kemanusiaan. Untuk alasan apa pun, pemerintah Myanmar wajib melindungi harkat dan martabat kemanusiaan masyarakat Rohingya.

“Saya juga minta Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk menyampaikan kepada seluruh kloter dan pembimbing ibadah agar mengajak jamaah haji mendoakan saudara kita di Rohingya saat berada di tempat mustajabah,” pungkasnya.* Andi

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Pemerintah Umumkan 993 Kasus Baru Covid-19 dari Total  30.514 Orang

Pemerintah Umumkan 993 Kasus Baru Covid-19 dari Total 30.514 Orang

Fatwa MUI Jatim Soal Syiah Dinilai Perlu Penjelasan di Akar Rumput

Fatwa MUI Jatim Soal Syiah Dinilai Perlu Penjelasan di Akar Rumput

Sedikitnya 7 Warga Medan di Aceh Masuk Islam

Sedikitnya 7 Warga Medan di Aceh Masuk Islam

MUI: Sesalkan dan Kutuk Tindak Kekerasan Terhadap Umat Islam di Tolikara

MUI: Sesalkan dan Kutuk Tindak Kekerasan Terhadap Umat Islam di Tolikara

“Saung Tahfidz Salsabila” Cipocok Banten Diresmikan

“Saung Tahfidz Salsabila” Cipocok Banten Diresmikan

Baca Juga

Berita Lainnya