Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Jika Umat Islam Kuat, Indonesia Dinilai akan Kuat

muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
[Ilustrasi] Massa Aksi Bela Islam II desak Ahok diproses hukum dengan adil di Jakarta, Jumat (04/11/2016) membawa bendera Merah Putih.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pimpinan AQL Center, Ustadz Bachtiar Nasir menyatakan, jika umat Islam kuat maka Indonesia akan kuat. Hal itu disampaikannya dalam rangka refleksi kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun, besok, Kamis (17/08/2017).

Bachtiar menjelaskan, indikasinya karena mayoritas penduduk negeri ini adalah umat Islam. Dan karena kerajaan dan kesultanan Islam yang menghendaki terusirnya penjajah di bumi Nusantara pada waktu itu yang kemudian menjadi NKRI pada akhirnya.

“Dan kekuatan kesultanan dan kerajaan Islam itu terbukti. Jadi, kalau umat Islam hari ini kuat maka Indonesia insya Allah akan kuat,” ujarnya di Jakarta, Senin pekan ini.

Baca: Muhammadiyah: NKRI Anak Kandung Umat Islam Indonesia

Hanya saja, Wasekjen Dewan Pertimbangan MUI ini menegaskan, jangan diartikan bahwa ketika umat Islam kuat maka berkonotasi mendirikan negara Islam.

Bachtiar menjelaskan, para ulama Islam pendiri bangsa telah bersepakat bahwa Indonesia adalah darul ahdi wa syahadah dan darul salam, yakni wilayah kesepakatan dan kedamaian.

“Karenanya kita fokuskan agar nilai-nilai al-Qur’an juga mengejawantah dengan nilai-nilai kebangsaan. Agar nilai-nilai al-Qur’an juga teraplikasikan dalam nilai kebinekaan. Dan itu tidak berarti mengesampingkan umat yang lain,” pungkasnya.

Baca: HUT RI ke-72, AQL akan Gelar “Syiar Persatuan Mengisi Kemerdekaan dengan Qur’an”

Bertepatan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT  RI ke-72, Ar-Rahman Qur’anic Learning (AQL) Islamic Center akan menggelar acara “Syiar Persatuan Mengisi Kemerdekaan dengan Qur’an” di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 17 Agustus 2017.

Syiar tersebut akan digelar sejak malam peringatan kemerdekaan RI, Rabu (16/08/2017) hingga esoknya, Kamis (17/08/2017) pukul 16.00 WIB dengan pusat kegiatan di Masjid Agung Trans Studio Mall.*

Rep: Yahya G Nasrullah
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Menag: Rumusan Etika Kerukunan Beragama Penting Ditaati

Menag: Rumusan Etika Kerukunan Beragama Penting Ditaati

Erupsi Anak Gunung Krakatau, Kolom Abu 1.000 Meter

Erupsi Anak Gunung Krakatau, Kolom Abu 1.000 Meter

Mahasiswa Untad Palu Dipersilakan Kuliah Sementara di Unesa Surabaya

Mahasiswa Untad Palu Dipersilakan Kuliah Sementara di Unesa Surabaya

JAT:  Semoga Allah Merahmati Syeikh Usamah!

JAT: Semoga Allah Merahmati Syeikh Usamah!

Sekolah di Bima Rusak Parah karena Banjir, Bantuan Pendidikan Sangat Diperlukan

Sekolah di Bima Rusak Parah karena Banjir, Bantuan Pendidikan Sangat Diperlukan

Baca Juga

Berita Lainnya