Jum'at, 17 September 2021 / 9 Safar 1443 H

Nasional

Tabligh Akbar Peduli Palestina di Aceh, Diperkirakan akan Dihadiri 10 Ribu Orang

Poster Tabligh Akbar Aceh untuk Peduli Palestina 2017, Agustus 2017.
Bagikan:

Hidayatullah.com- Umat Islam di Aceh akan menggelar Tabligh Akbar Aceh untuk Peduli Palestina pada Ahad (06/08/2017) mendatang di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Tujuan acara ini adalah untuk menunjukkan kepedulian dan solidaritas masyarakat Aceh terhadap umat Islam Palestina yang masih berada dalam penjajahan Israel. Apalagi, kata Ketua Panitia Acara, Muhammad Balia, di Palestina terdapat kiblat pertama umat Islam, yaitu Masjid Al-Aqsha.

“Dengan acara ini kita ingin tunjukkan kepada dunia persatuan masyarakat Aceh dalam menyikapi isu penjajahan Israel atas Palestina. Oleh sebab itu, kami juga akan melakukan penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan ke Palestina via lembaga kemanusiaan,” ujarnya kepada media di Banda Aceh, Senin (31/07/2017).

Baca: Wakil Wali Kota Banda Aceh Menangis di Konser Peduli Palestina

Sejumlah ulama dan tokoh Aceh diagendakan akan mengisi orasi pada acara ini.

“Antara lain yaitu Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim, MA, Wakil Ketua Majlis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk H Faisal Ali, ulama muda Aceh Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Tusop Jeunieb), Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, Ibu Darwati A Gani, dan lain-lain,” sebutnya.

Balia menjelaskan, Tabligh Akbar ini direncanakan akan dibuka Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah karena Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sedang dinas luar daerah pada tanggal tersebut.

Selain para tokoh dan ulama di atas, tambah Balia, yang juga akan memberi sambutan pada acara ini adalah Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Pimpinan Majlis Zikir Zawiyah Nurun Nabi Tgk Jamhuri Ramli, Rafly Kande, dan sebagainya.

Baca: ‘Hidayatullah Peduli Palestina’ Sumbang Anak Yatim Gaza

Menurutnya, acara yang digelar atas kerja sama puluhan organisasi massa dan komunitas di Aceh ini diperkirakan akan dihadiri sebanyak 10 ribu orang.

Sementara itu, Ketua Humas Tabligh Akbar, Teuku Zulkhairi menyatakan, acara ini akan akan dimulai dengan shalat subuh berjamaah, lanjut tausyiah subuh tentang “Keutamaan Masjidil Aqsa”. Serta dirangkai dengan acara khataman al-Qur’an 30 juz oleh 150 huffazh dari Ittihad Halamatil Quran (IHQ).

Akan dilakukan pula pemutaran video kondisi terkini di Al-Aqsha, dzikir dan doa bersama, dilanjutkan dengan orasi para ulama, tokoh masyarakat, dan sejumlah muballigh, disertai Parade Peduli Palestina.

“Kami berharap dukungan dari masyarakat Aceh untuk suksesnya acara ini,” ujar Zulkhairi dalam siaran persnya diterima hidayatullah.com, Senin malam.

“Bagi (yang) ingin berdonasi untuk Palestina bisa via nomor rekening Bank Aceh Syariah 610.01.99.000087.3 An. Aceh untuk Palestina, “ harap Balia.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Panin Bank Syariah Dijual di Pasar Modal

Panin Bank Syariah Dijual di Pasar Modal

Komisi VIII: Bantuan Rp200 Ribu Per Keluarga, Diselewengkan Oknum Pejabat

Komisi VIII: Bantuan Rp200 Ribu Per Keluarga, Diselewengkan Oknum Pejabat

UNIDA Gontor Gandeng Minbar Al-Aqsha Mengadakan ‘Daurah Internasional Nuruddin Zanki’

UNIDA Gontor Gandeng Minbar Al-Aqsha Mengadakan ‘Daurah Internasional Nuruddin Zanki’

Inilah Janji SBY Atas Banjir di Jakarta

Inilah Janji SBY Atas Banjir di Jakarta

Menag: Jangankan Pernikahan yang Sakral, Pindah Rumah Saja Pakai Ritual Agama

Menag: Jangankan Pernikahan yang Sakral, Pindah Rumah Saja Pakai Ritual Agama

Baca Juga

Berita Lainnya