Simposium Jurnalis Muslim Lahirkan “Komitmen Padang”, Sepakat Bela Umat Islam

Seluruh peserta simposium menyepakati untuk berhimpun dalam sebuah wadah yang bernama Jaringan Jurnalis Muslim Indonesia yang disingkat JMI (Indonesian Muslim Journalist Network/IMJN)

Simposium Jurnalis Muslim Lahirkan “Komitmen Padang”, Sepakat Bela Umat Islam
INA
Simposium Jurnalis Muslim di Padang, Sumatera Barat, Selasa-Rabu (18-19/07/2017), lahirkan Jurnalis Muslim Indonesia (JMI).

Terkait

Hidayatullah.com– Puluhan jurnalis yang mengikuti Simposium Jurnalis Muslim di Padang, Sumatera Barat, (Selasa-Rabu) 18-19 Juli 2017, akhirnya sepakat membuat forum perkumpulan sebagai tempat silaturahim antar jurnalis Muslim.

Selain itu, forum yang dibuat oleh berbagai latar belakang jurnalis itu menyepakati 6 kesepakatan yang dinamakan “Komitmen Padang”. Komitmen itu wajib diikuti oleh jurnalis yang tergabung dalam forum.

Baca: Daurah JITU, Pentingnya jadi Jurnalis Muslim yang Tangguh dan Profesional

Simposium ini diselenggarakan oleh Yayasan al-Manarah al-Islamiyah, sebagai bagian dari rangkaian acara Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa, dan Afrika.

Simposium Jurnalis Muslim juga dihadiri oleh para jurnalis senior dari berbagai media massa. Simposium digelar atas dasar keinginan yang sama para jurnalis untuk berkontribusi atas pembangunan serta persatuan umat.

Poin-poin “Komitmen Padang” itu adalah, pertama, Jurnalis Muslim Indonesia harus membentuk jaringan dan bersinergi untuk mempermudah penyamaan visi dan misi dalam pemberitaan tentang kiprah umat Islam di Indonesia.

Baca: Syeikh Khalid: Jurnalis Muslim Berperan Besar Menyebarkan Kebaikan

Kedua, Jurnalis Muslim Indonesia harus mengedepankan pemberitaan yang objektif, akurat, berimbang, komprehensif, dan cepat, khususnya tentang Islam dan Muslimin di Indonesia.

Ketiga, Jurnalis Muslim Indonesia berkomitmen membela kepentingan umat Islam di Indonesia.

Keempat, Jurnalis Muslim Indonesia berkomitmen untuk menjaga citra Islam dalam menyiarkan berita dan tulisan.

Baca: Dengan Tulisan Bergizi, Jurnalis Muslim Bisa Perbaiki Citra Islam

Kelima, Simposium Jurnalis Muslim Indonesia di Padang tanggal 18 dan 19 Juli 2017 akan ditindaklanjuti dengan pertemuan yang lebih besar di Jakarta.

Terakhir, Seluruh peserta simposium menyepakati untuk berhimpun dalam sebuah wadah yang bernama Jaringan Jurnalis Muslim Indonesia yang disingkat JMI (Indonesian Muslim Journalist Network/IMJN).*  Nizar Malisy/INA

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !