Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

17 Ormas Islam akan Ajukan Judicial Review Perppu yang Dinilai ‘Anti Islam’

Muhammad Abdus Syakur/hidayatullah.com
Suasana Sidang Judicial Review di Gedung MK, Jakarta.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sebanyak lebih dari 17 ormas Islam bersatu menyatakan menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).

Dalam rangka itu, Forum Koordinasi Ormas untuk Hak Berserikat dan Keadilan (Forum Ormas Penolak Perppu) yang mereka bentuk, akan menempuh jalur hukum.

Yaitu, kata Koordinator Forum, Dr Jeje Zaenudin, mereka akan melakukan permohonan Judicial Review (JR) ke Mahkamah Konstitusi atas Perppu Ormas.

Baca: 17 Ormas Islam Menolak Perppu

“Mengingat Perppu itu sudah berlaku sejak ditandatangani dan diundangkannya, maka pengajuan permohonan JR ke MK harus dilakukan secepatnya, baik secara per ormas maupun gabungan ormas, sebelum Perppu itu memakan korban pembubaran ormas tertentu,” ujar Jeje.

Hal itu merupakan salah satu rekomendasi rapat Forum itu di Aula AQL, Tebet, Jakarta Selatan, kemarin, sebagaimana siaran persnya diterima hidayatullah.com, Sabtu (15/07/2017) malam.

Baca: YLBHI Protes Pemerintah Keluarkan Perppu Ormas

Jeje mengatakan, perlu diadakan konsultasi, edukasi, dan sosialisasi hukum tentang mekanisme dan prosedur pengajuan permohonan JR ke MK secara benar menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Perlu adanya tim atau forum rapat yang fokus dan terus mengkoordinasikan langkah-langkah penolakan dari berbagai kalangan, agar menjadi gerakan perlawanan hukum yang efektif sampai Perppu benar-benar dibatalkan,” ujar Wakil Ketua Umum Persatuan Islam (Persis) itu.

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, pada rapat itu, utusan pimpinan ormas dan lembaga dakwah menyampaikan pandangannya. Seperti Dewan Dakwah, Persis HTI, IKADI, Hidayatullah, Majelis Mujahidin, KMJ, BKSPPI Bogor, dan Pimpinan Pesantren Asy-Syafiiyah Jakarta.

Baca: Anggota Komisi III: Perppu Pembubaran HTI Bahaya, Bisa Menyasar Ormas Lain

Juga laporan adanya penolakan terhadap Perppu Ormas dari PUI, Al-Washliyah, Mathlaul Anwar, Al-Irsyad, Parmusi, SI, dan lain-lain.

Perppu Ormas dinilai oleh banyak kalangan sebagai “Perppu anti Islam”. Perppu Ormas juga dinilai berpotensi mengekang kebebasan berserikat dan berpendapat.*

 

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Rumah Hasil Menabung 10 Tahun, Ambruk dalam 15 Detik

Rumah Hasil Menabung 10 Tahun, Ambruk dalam 15 Detik

Biaya Penerbangan Haji Diperkirakan Bakal Naik

Biaya Penerbangan Haji Diperkirakan Bakal Naik

Penasihat Hukum Buni Yani: Saksi Ahli yang Dihadirkan JPU Tak Kompeten

Penasihat Hukum Buni Yani: Saksi Ahli yang Dihadirkan JPU Tak Kompeten

Tujuh Seruan MIUMI Terkait Perayan Natal dan Tahun Baru Bagi Muslim

Tujuh Seruan MIUMI Terkait Perayan Natal dan Tahun Baru Bagi Muslim

Peringatan Kemerdekaan Jangan Hanya  Rutinitas

Peringatan Kemerdekaan Jangan Hanya Rutinitas

Baca Juga

Berita Lainnya