LP Cipinang Pindahkan Ahok ke Mako Brimob Depok, Ketua JPU: Terserah Dia

"Kalau sudah warga binaan, kalau sudah napi, itu kewenangan dia untuk mau ditempatkan seluruh Indonesia, urusan dia itu.”

LP Cipinang Pindahkan Ahok ke Mako Brimob Depok, Ketua JPU: Terserah Dia
istimewa
Foto Ahok (tiga dari kanan) dijenguk Menteri Hukum dan HAM Yasonna (Tiga dari kiri) di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, yang beredar luas di media sosial.

Terkait

Hidayatullah.com– Ketua Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ali Mukartono, mengaku, jaksa sebenarnya sudah mengeksekusi Ahok ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur.

Namun, menurutnya, pihak LP Cipinang yang memindahkan terpidana penistaan agama itu ke Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

Kalau sudah begini, Ali menyerahkan semua urusannya ke pihak LP.

“Kalau LP-nya kemudian (Ahok) dipindah kemana-mana, urusan dia,” ujarnya saat dihubungi hidayatullah.com kemarin. “Karena yang penting, saya melaksanakan tugas selaku eksekutor sudah selesai.”

Baca: Ahok Masih Ditahan di Mako Brimob, Anggota DPR Pertanyakan Keamanan Lapas

Ali menganggap pihak Lapas tidak melawan eksekusi jaksa. “Enggak, ndak, kalau sudah warga binaan, kalau sudah napi, itu kewenangan dia untuk mau ditempatkan seluruh Indonesia, urusan dia itu.”

Disinggung soal keharusan napi harus ditahan di LP berdasarkan Undang-Undang Pemasyarakatan, Ali merespon, “Oh terserah dia, ada kesalahan kemudian, kan, dia. Salah ndak salah dia lah, udah kewenangan dia.”

Menurut Ali, pihak LP Cipinang sudah mengirimkan surat yang berisi alasan pemindahan Ahok ke Mako Brimob Depok dengan tembusan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

“(Alasannya) banyak, over capacity, dan lain sebagainya, banyak banget,” kata Ali. Saat ditanya alasan lainnya, Ali mengaku lupa.

Baca: Ahok Batal Ditahan di LP Cipinang, Pakar Hukum Pidana: Itu Melanggar KUHAP

Hidayatullah.com lalu mendatangi Kejaksaan Negeri Jakarta Utara untuk mencari tahu alasan-alasan lain Lapas memindahkan Ahok ke Mako Brimob. Di sana kami diterima oleh anggota JPU, Fedrik Adhar. Namun Fedrik enggan berkomentar.

Media ini juga sudah berusaha mendatangi LP Cipinang dan menghubungi Kepala LP Kelas I Cipinang, namun tidak bertemu dan panggilan telepon media ini tidak diangkat.* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !