Pakar Hukum Pidana Unpad: Ahok Harus Segera Dipindahkan ke Lapas

Jelas Romli, setelah Ahok dan Jaksa mencabut banding, keputusan pengadilan sudah berkekuatan hukum tetap dan status Ahok berubah jadi narapidana (napi).

Pakar Hukum Pidana Unpad: Ahok Harus Segera Dipindahkan ke Lapas
istimewa
Foto Ahok (tiga dari kanan) dijenguk Menteri Hukum dan HAM Yasonna (Tiga dari kiri) di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, yang beredar luas di media sosial.

Terkait

Hidayatullah.com– Guru Besar Hukum Pidana Universitas Padjajaran, Prof Romli Atmasasmita, menyatakan, terpidana kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, harus segera dipindahkan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Pasalnya, jelas Romli, setelah Ahok dan Jaksa mencabut banding, keputusan pengadilan sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht, dan status Ahok berubah jadi narapidana (napi).

“Kalau udah jadi napi harus di Lapas. Ketentuannya Undang-Undang Pemasyarakatan,” jelasnya saat dihubungi hidayatullah.com, Ahad (11/06/2017).

Seharusnya, kata Romli, begitu Kejaksaan Negeri Jakarta Utara mengirimkan berkas pencabutan banding ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada tanggal 6 Juni, otomatis besoknya Ahok dipindahkan ke Lapas.

“Tanya jaksanya, cek Ali Mukartono, Ketua Tim Jaksa, kan, eksekusi sama dia,” ucapnya.* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !