Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Anggota Komisi I DPR: Masyarakat tidak Perlu Khawatir dengan Adanya BSSN

ilustrasi
Bagikan:

Hidayatullah.com–Keputusan Presiden untuk membentuk Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diapresiasi oleh anggota Komisi I DPR, Sukamta. Sudah sejak lama, katanya, Komisi I mendorong terbentuknya badan khusus yang menangani keamanan siber. “Mengingat ancaman dari dunia maya semakin meningkat sebagaimana belum lama ini ada serangan siber melalui malware “wannacry” ke sistem komputasi di berbagai negara termasuk Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Hidayatullah.com.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyarankan BSSN agar segera membuat perencanaan yang matang dalam membangun sistem keamanan siber. “Badan ini perlu membuat roadmap yang jelas dan terukur untuk pengembangan SDM Siber yang tangguh dan membangun kemampuan teknologi siber yang mumpuni secara mandiri sehingga tidak ada ketergantungan dengan produk asing di masa depan,” terangnya.

Sukamta menegaskan, masyarakat tidak perlu cemas dengan pengawasan siber BSSN. Sebab UU ITE  telah mengatur hak dan kewajiban pemanfaatan siber secara bebas dan bertanggung jawab.

“Tentu saja dalam aplikasinya, kami di Komisi I akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi kepada Badan baru ini untuk memastikan tidak ada hak-hak warga yang dilanggar,” tandasnya.

Sebagai langkah awal, menurutnya pemerintah harus mengisi kelembagaan ini dengan sumber daya manusia profesional dan kompeten yang memiliki pengalaman di bidang informasi dan teknologi. “Ini penting untuk menepis dugaan pemanfaatan badan baru ini untuk kepentingan politik,” pungkasnya.*/Andi

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Bareskrim Polri Saksi

TP3 Ajak Keluarga 6 Laskar FPI dan Polda Metro Jaya Sumpah Mubahalah Soal Senjata Api

FUUI: Wisata Mistis Mendekatkan pada Syirik

FUUI: Wisata Mistis Mendekatkan pada Syirik

Neno: Pemerintah Pinggirkan Kaum Dhuafa

Neno: Pemerintah Pinggirkan Kaum Dhuafa

Sudutkan Islam, Muhammadiyah: Presiden Macron Tipikal Pemimpin Bawa Permusuhan Umat Beragama

Sudutkan Islam, Muhammadiyah: Presiden Macron Tipikal Pemimpin Bawa Permusuhan Umat Beragama

Siapkan Diri dan Sambut Ramadhan dengan Cinta

Siapkan Diri dan Sambut Ramadhan dengan Cinta

Baca Juga

Berita Lainnya