Ranu dan Tokoh-tokoh LUIS Dibebaskan, Majelis Hakim PN Semarang Diapresiasi

JITU berterima kasih banyak atas doa dan dukungan dari umat Islam, para pengacara, elemen wartawan, pegiat HAM, dan pihak-pihak yang selama ini sudah mendukung pembebasan Ranu dan tokoh-tokoh LUIS.

Ranu dan Tokoh-tokoh LUIS Dibebaskan, Majelis Hakim PN Semarang Diapresiasi
ist.
Ranu dan para pimpinan LUIS sujud syukur usai divonis bebas oleh Majelis Hakim PN Semarang, Rabu (31/05/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Keputusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Semarang yang memvonis bebas jurnalis Muslim, Ranu Muda Adi Nugroho, bersama tokoh-tokoh pimpinan Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), diapresiasi.

Jurnalis Islam Bersatu (JITU) mengapresiasi putusan itu karena sesuai dengan keyakinan JITU, yang sejak awal melihat Ranu Muda memang tidak bersalah.

“Ia ditangkap saat sedang menjalankan tugas jurnalistik,” ujar Ketua Umum JITU, Agus Abdullah di Jakarta, Rabu (31/05/2017), di hari Ranu dan tokoh-tokoh LUIS divonis bebas PN Semarang, Jawa Tengah.

Baca: Ranu Muda dan Sejumlah Tokoh LUIS Divonis Bebas

JITU menilai, putusan hakim ini adil karena rekaman CCTV menunjukkan Ranu tidak melakukan tindakan kekerasan di Social Kitchen sebagaimana dituduhkan.

Dan lanjutnya saksi ahli yang dihadirkan di pengadilan pun menguatkan bahwa kapasitas Ranu pada malam kejadian, adalah dalam rangka tugas jurnalistik.

“Perlu kami tegaskan bahwa dalam melakukan tugas peliputannya, jurnalis telah dilindungi oleh UU No 40 tahun 1999,” terang Agus.

“Tuduhan yang dialamatkan kepada Ranu bahwa dia adalah propagandis dan petugas dokumentasi laskar merupakan tuduhan yang tidak berdasar dan tidak terbukti di pengadilan,” imbuhnya.

Baca: Pemuda Muhammadiyah: Kriminalisasi Ranu Potret Ketidakadilan yang Menyayat Hati

JITU berharap, kasus Ranu ini yang terakhir dalam upaya ‘mengkriminalisasi’ jurnalis. Tak lupa JITU bersyukur karena Ranu sudah bisa menghirup udara bebas.

Terakhir, JITU berterima kasih banyak atas doa dan dukungan dari umat Islam, para pengacara, elemen wartawan, pegiat HAM, dan pihak-pihak yang selama ini sudah mendukung pembebasan jurnalis Panjimas.com itu.* Andi

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !