GNPF: Menjauhi Kekerasan itu Komitmen Para Ulama dan Umat Islam Indonesia

"Sehingga tidak melekatkan setiap peristiwa kekerasan identik dengan Islam dan umat Islam, khususnya kasus bom di kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur," tandas KH Bachtiar Nasir.

GNPF: Menjauhi Kekerasan itu Komitmen Para Ulama dan Umat Islam Indonesia
bilal/hidayatullah.com
Para tokoh GNPF MUI antara lain Habib Rizieq Shihab, KH Bachtiar Nasir, Ustadz Zaitun Rasmin, dll, bersama Kapolri Tito Karnavian pada Aksi Bela Islam III (Aksi 212) di lapangan Monas, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2016.

Terkait

Hidayatullah.com– Terkait ledakan di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/05/2017) malam, Ketua GNPF MUI KH Bachtiar Nasir menyatakan, membunuh satu nyawa tanpa dasar yang haq sama dengan membunuh semua manusia.

“Menjaga satu nyawa agar tak melayang sama dengan menjaga seluruh nyawa yang hidup,” katanya melalui pernyataan resminya diterima hidayatullah.com, Kamis (25/05/2017).

Indonesia, lanjutnya, saat ini bukan zona perang dalam timbangan syariat Islam.

Baca: MUI: Bom Bunuh Diri Tak Dibenarkan, Jangan Saling Menyudutkan

“Melakukan bom bunuh diri di Indonesia merupakan tindakan salah alamat dan tindakan di luar batas syariah,” lanjutnya.

Ustadz Bachtiar, sapaannya, menilai, berislam dengan damai dan menjauhi cara-cara kekerasan adalah komitmen bersama para ulama dan umat Islam Indonesia.

Karenanya, sambungnya, tindakan bom bunuh diri dengan menghilangkan nyawa sendiri dan atau nyawa orang lain adalah di luar konsensus ulama dan umat Islam Indonesia.

Baca: Ledakan Kampung Melayu, Hidayatullah Doakan Indonesia Terjaga dari Kehancuran

Oleh sebab itu, Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) ini mengimbau agar segenap elemen bangsa Indonesia bersikap jernih.

“Sehingga tidak melekatkan setiap peristiwa kekerasan identik dengan Islam dan umat Islam, khususnya kasus bom di kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur,” tandasnya.* Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !