Tarhib Ramadhan 1438 H Digelar Serentak di Berbagai Kota

Substansi acara tersebut adalah untuk mengingatkan umat akan keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. "Dan bagaimana kita bisa maksimal di dalam menjalaninya," ujar Zaitun Rasmin, Wakil Ketua GNPF MUI yang juga Ketua Umum Wahdah Islamiyah.

Tarhib Ramadhan 1438 H Digelar Serentak di Berbagai Kota
skr/hidayatullah.com
Acara Tarhib Ramadhan 1438 H di kompleks perkantoran DPP Hidayatullah, Jl Cipinang Cempedak 1, Polonia, Jakarta Timur, Ahad (21/05/2017), diisi oleh Ustadz Zaitun Rasmin, Wakil Ketua GNPF MUI yang juga Ketua Umum Wahdah Islamiyah.

Terkait

Hidayatullah.com– Akhir pekan, Ahad (21/05/2017), acara menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H yang tinggal beberapa hari lagi digelar secara serentak di berbagai kota di Indonesia.

Berdasarkan informasi dihimpun hidayatullah.com, acara yang biasa disebut Tarhib Ramadhan digelar di banyak daerah di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, Ahad.

Acara semacam itu merupakan sesuatu yang baik, kata Wakil Ketua GNPF MUI Ustadz Zaitun Rasmin saat mengisi Tarhib Ramadhan di kompleks perkantoran DPP Hidayatullah, Jl Cipinang Cempedak 1, Polonia, Jakarta Timur, pagi-siang tadi.

Baca: Selain Ramadhan Fair, Istiqlal Juga akan Santuni Seribu Anak Yatim

“Memang hal sangat yang baik jelang Ramadhan kita membuat kegiatan yang sekarang disebut dengan Tarhib Ramadhan,” ujarnya di depan ratusan jamaah yang memadati ruang shalat utama serta halaman Masjid Baitul Karim.

Di Masjid Ar-Riyadh, Balikpapan, Kalimantan Timur, acara serupa digelar sejak subuh, Ahad. Acara ini antara lain diisi dengan tausiyah oleh Pimpinan Umum Hidayatullah Ustadz Abdurrahman Muhammad.

Hari yang sama, Tarhib Ramadhan 1438 H digelar di Tana Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara) sekaligus pengukuhan Persaudaraan Dai Indonesia (Pos Dai) Kaltara. Gelaran serupa dilaksanakan di Mamuju, Sulawesi Barat, dengan pemateri tokoh pemuda Naspi Arsyad.

Baca: Ramadhan 1438 H, Pos Dai Tugaskan Dai ke Pelosok Negeri

Begitu pula di kota-kota lainnya, Tarhib Ramadhan digelar di hari yang sama dengan rangkaian acara dan penyelenggara sama maupun berbeda.

Substansi acara tersebut adalah untuk mengingatkan umat akan keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. “Dan bagaimana kita bisa maksimal di dalam menjalaninya,” ujar Zaitun.

Ketua Umum Wahdah Islamiyah ini mengaku, demi dapat menghadiri acara di Jaktim itu, ia memajukan jadwal penerbangan pesawatnya beberapa jam dari Jogjakarta menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jaktim.

Baca: Tradisi Menyambut Ramadhan

Sementara, pada acara di Jaktim yang digelar DPW Hidayatullah Jabodebek itu, turut hadir Penasihat Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syeikh Shalih bin Sulaiman al-Rajhi.

Dalam tausiyahnya, Syeikh Shalih mengingatkan umat Islam agar memprioritaskan al-Qur’an daripada yang lainnya khususnya telepon seluler (HP).

“Selama 11 bulan cukup (sibuk dengan HP. Red),” ujarnya yang hadir ke tempat acara atas kerja sama pengurus pusat Syabab Hidayatullah.

Acara yang dirangkai dengan penugasan dai Ramadhan oleh BMH itu sekaligus merupakan acara tasyakuran atas terpilihnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI 2017.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !