Ahok Divonis 2 Tahun, Din Syamsuddin: Cukup, Tapi…

Dari kegaduhan yang ditimbulkan seharusnya hukuman untuk Ahok bisa lebih berat. Tidak hanya dua tahun saja

Ahok Divonis 2 Tahun, Din Syamsuddin: Cukup, Tapi…
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Profesor Din Syamsuddin

Terkait

Hidayatullah.com–Keputusan hakim memvonis dua tahun penjara kepada Ahok dalam kasus penistaan agama menuai banyak pro dan kontra. Segelintir orang mengatakan vonis yang lebih tinggi dari tuntutan jaksa itu tak adil. Namun tidak sedikit juga yang mengatakan sebaliknya.

Mengenai keputusan tersebut, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Profesor Din Syamsuddin berpendapat bahwa vonis hakim terhadap Ahok dalam kasus penistaan agama cukup adil, tapi belum memuaskan.

“Saya rasa cukup, tapi belum bisa membuat puas,” kata Din dalam acar Obrolan Aktual Seputar Kebangsaan (OASE ABANGSA) yang digelar Radio Suara Muslim di Grand Mercure Mirama Hotel, Surabaya, Rabu (10/05/2017).

Baca: GNPF MUI Sampaikan Terima Kasih kepada Umat Islam dan Ulama

Menurut Din, kegaduhan yang ditimbulkan dari kasus Ahok tersebut seharusnya hukuman untuk Ahok bisa lebih berat. Tidak hanya dua tahun saja. “Harusnya lebih tinggi hukumannya.” Ujarnya.

“Memang ada yurisprudensinya. Misalnya Permadi yang dihukum 4 tahun dalam kasus yang sama. Namun itu berbeda. Bobot kasus Ahok lebih berat. Karena memunculkan kegaduhan yang luar biasa. Dan ingat, saat itu dia adalah seorang gubernur. Tak sepatutnya mengeluarkan ujaran kebencian itu,” tuturnya.*/Siraj el-Manadhy

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !