Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Tengah Malam, Ahok Dipindahkan dari Cipinang ke Mako Brimob Depok

Sarminto/ANTARA
Terdakwa penista agama Ahok saat tiba di Rutan Cipinang, Jakarata Timur, Selasa (09/05/2017) usai divonis penjara 2 tahun.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Terdakwa penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), “tiba-tiba” dipindahkan dari Rutan Cipinang di Jakarta Timur ke Mako Brimob di Depok, Jawa Barat, semalam.

Berdasarkan informasi dihimpun hidayatullah.com, pemindahan Ahok dilakukan tengah malam, Rabu (10/05/2017) dinihari, tak sampai 24 jam setelah Pengadilan Negeri Jakarta Utara memerintahkan penahanan Ahok di Rutan Cipinang.

Gubernur (non-aktif) DKI Jakarta yang divonis hukuman penjara dua tahun itu dipindahkan, disebut-sebut, karena alasan keamanan.

Baca: Ajukan Banding, Ditahan di Rutan Cipinang, Jabatan Ahok akan Diganti Djarot

Menurut Kepala Kepolisian Resor Jakarta Timur, Komisaris Besar Andry Wibowo, pemindahan Ahok atas dasar pertimbangan memperhatikan situasi dan konsolidasi pihak Rutan Cipinang bersama kepolisian.

Informasi lain menyebutkan, pemindahan Ahok ke Mako Brimob menyusul tindakan para pendukung Ahok yang disebut-sebut terus berdatangan ke Rutan Brimob sejak kemarin. Mereka berteriak-teriak meminta Ahok dibebaskan hingga dini hari tadi, bahkan kabarnya sampai mendorong-dorong pagar rutan.

Sementara petugas di rutan, menurut Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar, hanya 22 orang. “Mereka yang di dalam terusik juga, terganggu juga dengan suara ini,” ujar Asep dikutip Tempo.co.

Diketahui, pemindahan Ahok itu luput dari pantauan para jurnalis, sehingga hingga pagi setelah subuh, Rabu, belum diketahui pasti jam berapa Ahok dipindahkan ke Mako Brimob.

Kemarin hingga Rabu dinihari, istri Ahok, Veronica Tan, mendampingi suaminya yang ditahan di Rutan Klas 1 Cipinang. Hampir 12 jam dia menemani Ahok di Rutan. Veronica turut berangkat ke Mako Brimob semalam bersama Djan Faridz, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan yang pro Ahok.

Baca: Meski Belum Puas Ahok Divonis 2 Tahun, Massa: Kami Taat Hukum

Warga pengguna internet memperbincangkan pemindahan ini, bahkan menyorotinya.

“Sudah skenario, dari awal semua cuma dagelan. Di mako Brimob Ahok bakal diperlakukan bak jenderal bintang 4….,” kicau pengguna media sosial dengan akun @RembolistaSae, Rabu pagi ini.

“Kek gak ngerti aja, MAKO BRIMOB yang punya siapa? Ya KAPOLDA lah juga Kapolri itu anak buahnya siapa? Selanjutnya kita tahu lah, kemana ahok,” kicau @dikrizal.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Ledakan di Kampung Melayu, Saksi: Dekat WC Umum

Ledakan di Kampung Melayu, Saksi: Dekat WC Umum

Ulama Al Azhar Sambungkan Sanad pada Ulama Nusantara

Ulama Al Azhar Sambungkan Sanad pada Ulama Nusantara

200 Qur’an Disebar di Kampung Seni-Budaya

200 Qur’an Disebar di Kampung Seni-Budaya

Pemprov DKI Rencanakan Buka Puasa Bersama ala Makkah dan Madinah

Pemprov DKI Rencanakan Buka Puasa Bersama ala Makkah dan Madinah

‘Rakyat Indonesia Dukung Perubahan Menuju Indonesia Adil Makmur’

‘Rakyat Indonesia Dukung Perubahan Menuju Indonesia Adil Makmur’

Baca Juga

Berita Lainnya