Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

FPKS DPR RI: Pembubaran HTI Menambah Runyam Situasi Nasional

Mahfudz Siddiq
Bagikan:

Hidayatullah.com- Rencana pemerintah untuk membubarkan ormas HTI melalui jalur hukum – seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) akan menambah runyam situasi nasional yang sudah hiruk-pikuk.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Mahfudz Siddiq dalam siaran persnya yang diterima Hidayatullah.com, Senin (08/05/2017) kemarin.

“Terlepas dari 5 poin alasan yang disampaikan pemerintah, masyarakat Indonesia, khususnya kalangan Muslim akan memiliki bacaan dan reaksi yang belum tentu sejalan dengan pemerintah,” ujar anggota Komisi IV DPR RI ini.

Baca: HTI Nilai Rencana Pemerintah Bubarkan Ormas ini Tidak Berdasar

Menurut Politisi Dapil VII Jawa Barat ini otoritas kekuasaan pemerintah saat ini akan benar-benar diuji. “Apakah rencana dan langkah pembubaran yang akan diambil merupakan keputusan  politik yang tepat, didukung oleh kalangan umat dan sesuai niatnya mampu menentramkan kembali situasi politik nasional yang sedang hiruk-pikuk?”

HTI menurut Mahfudz adalah ormas keagamaan yang terdaftar resmi di pemerintah. Aktivisnya dari kalangan pemuda terdidik dan tersebar di banyak kota.

“Jika ada pemikiran dan cita-cita mereka yang tidak sejalan dengan konstitusi, Undang-Undang dan konteks ke-Indonesiaan, maka tugas negara untuk membina secara positif dan konstruktif.”

Baca:  Terkait Pembubaran HTI, Muhammadiyah: Langkah Pemerintah Harus Konstitusional

Mahfudz melanjutkan, bahwa jalur pembubaraan melalui mekanisme hukum hanya dapat dilakukan jika benar-benar terbukti mereka secara organisasi melakukan pembangkangan, pengkhianatan dan makar terhadap negara. Dan itupun harus dibuktikan melalui proses peradilan.

“Saya menilai sejauh ini pemerintah belum melakukan pendekatan edukasi dan persuasi yang cukup. Jadi saya hanya ingin mengingatkan kepada pemerintah bahwa rencana pembubaran HTI yang dilakukan dalam situasi dan dengan cara seperti ini, nampaknya hanya akan menambah kerunyaman situasi nasional dan menambah suram hubungan pemerintah dengan umat Islam,” tutup Mahfudz menegaskan.*

Rep: Achmad Fazeri
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Jumat, Umat Islam Apel Siaga Tuntut Pembubaran Ahmadiyah

Jumat, Umat Islam Apel Siaga Tuntut Pembubaran Ahmadiyah

Nasionalis sekaligus Pembela Syariat Islam, tema Workshop APII

Nasionalis sekaligus Pembela Syariat Islam, tema Workshop APII

Mulai 2019, Semua Produk Wajib Tersertifikasi Halal

Mulai 2019, Semua Produk Wajib Tersertifikasi Halal

DPR: Pemerintah Wajib Setop Kenaikan Iuran BPJS sesuai Keputusan MA

DPR: Pemerintah Wajib Setop Kenaikan Iuran BPJS sesuai Keputusan MA

Komisioner HAM Temui Presiden Jokowi Bahas  Perpres Pendirian Rumah Ibadah

Komisioner HAM Temui Presiden Jokowi Bahas Perpres Pendirian Rumah Ibadah

Baca Juga

Berita Lainnya