Dijadikan Dalih Ahok Dituntut Ringan, Buni Yani Duga JPU Diintervensi

Buni Yani mengatakan, kasus penistaan agama oleh terdakwa Ahok dan kasus terkait unggahan video yang menimpa Buni Yani merupakan dua kasus hukum yang berbeda. "Tetapi oleh pengacara dan JPU seolah-olah berkaitan dan saya yang (dianggap) salah karena menimbulkan kegaduhan."

Dijadikan Dalih Ahok Dituntut Ringan, Buni Yani Duga JPU Diintervensi
Yahya g nasrullah/hidayatullah.com
Buni Yani, pengunggah video Ahok menista Al-Maidah 51 ke media sosial. Buni Yani dijadikan tersangka terkait ujaran kebencian.

Terkait

Hidayatullah.com– Ada intervensi kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Demikian dugaan Buni Yani, salah seorang pengunggah ke laman Facebook video pidato Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyinggung Al-Maidah:51 di Kepulauan Seribu. Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus ujaran kebencian terkait video Ahok yang diunggahnya itu.

Baca: KH Ma’ruf Amin: JPU seperti Mendelegitimasi MUI, NU, dan Muhammadiyah

Dugaan Buni itu muncul usai JPU menyebut dirinya sebagai dalih atau alasan atas ringannya tuntutan kepada terdakwa Ahok.

Buni mengatakan, kasus penistaan agama oleh terdakwa Ahok dan kasus terkait unggahan video yang menimpa Buni merupakan dua kasus hukum yang berbeda.

“Tetapi oleh pengacara dan JPU seolah-olah berkaitan dan saya yang (dianggap) salah karena menimbulkan kegaduhan,” ujarnya kepada hidayatullah.com di Jakarta, belum lama ini.

Baca: JPU Kasus Ahok Sebut Unggahan Buni Yani Meresahkan

Sehingga, ia menilai, kuat sekali pesan bahwa JPU diintervensi oleh atasannya yakni Jaksa Agung Prasetyo. Diketahui, Prasetyo berasal dari Partai Nasdem, salah satu partai pendukung Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 kemarin.

“Dugaan kita seperti itu, susah sekali untuk tidak mengaitkan itu. Opini publik juga sudah terbentuk, saya termasuk yang berpendapat seperti itu,” tandas Buni.

Baca: Penyampaian Tuntutan atas Ahok Ditunda, JPU Bantah Ada Tekanan Politis

Sebelumnya, JPU sudah membantah jika mereka mendapat tekanan politis atau diintervensi pada sidang kasus Ahok tersebut. Bantahan itu terkait penundaan sidang pembacaan tuntutan JPU atas Ahok.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !