Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Desak Presiden Jokowi Bebaskan Aktivis Muslim, KH Arifin Ilham Siap Jadi Penjamin

Muhammad Arifin Ilham
Presiden Jokowi dan KH Arifin Ilham. Ustadz Arifin menasihati Presiden saat diundang di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/04/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pimpinan Majelis Az-Zikra KH Muhammad Arifin Ilham mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar turun tangan membebaskan sejumlah aktivis Muslim yang ditahan kepolisian beberapa waktu lalu.

Bahkan, Ustadz Arifin, panggilan akrabnya, bersedia menjadi penjamin bagi para aktivis tersebut.

“Mohon segera dibebaskan Ustadz Khaththath, Babe Sadli, dan para mahasiswa yang ditahan. Dan Arifin siap sabagai penjaminnya,” demikian pesan sang ustadz kepada Presiden Jokowi sebagaimana disampaikan pengurus Az-Zikra, Ahmad Syuhada, kepada hidayatullah.com, Selasa (18/04/2017) malam.

Baca: Din Syamsuddin Prihatin Tuduhan Makar Aktivis Muslim

Para aktivis yang sedang ditahan tersebut antara lain Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath dan Pimpinan Jawara Betawi Abu Bakar Sadeli.

Permintaan itu disampaikan Arifin saat bersama sejumlah ulama menghadiri undangan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/04/2017) sore kemarin.

Selain itu, Arifin juga menyampaikan langsung kepada Presiden soal rasa ketidakadilan pemerintah dalam hukum dan pemilihan kepada daerah (pilkada).

“Mayoritas dipaksa tunduk pada minoritas, penegakan hukum yang tidak serius terhadap penista agama, terdakwa tetap jadi gubernur, bagi sembako tim kotak yang dikawal aparat, dan sebagainya,” sebutnya.

Baca: Sekjen FUI Ditangkap, ‘Massa 313’: Terdakwa Penistaan Agama Kok Berkeliaran

Kepada Presiden, Arifin mengatakan, pemerintah wajib menjunjung tinggi semangat pilkada damai, bersih, adil, dan netral.

Ia juga menyampaikan soal pejuang keadilan untuk penista agama dianggap anti Pancasila dan anti kebhinnekaan, sementara penista dianggap lebih Pancasilais. “Ini sangat jauh dari fakta hukum, keadilan, dan hati nurani,” sebutnya.

Baca: Dalih Polisi Tahan Jawara Betawi Dinilai Aneh dan Dipaksakan

Kemudian, ustadz yang dikenal dengan nasihat-nasihat lembutnya itu menyampaikan sejumlah wejangan kepada Presiden Jokowi.

“Mengingatkan dengan santun untuk Ayahanda Jokowi bahwa ‘Bapak adalah Presiden NKRI, Bapak Negara, Bapak Rakyat, bapak semua partai, suku, bangsa, dan agama. Wajib bersikap tegas, jelas, adil, dan penuh kasih sayang untuk kemaslahatan negara tercinta ini’,” ungkapnya.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Tim Gabungan Evakuasi Masjid Kampung Mohammad Zohri yang Luluh Lantak

Tim Gabungan Evakuasi Masjid Kampung Mohammad Zohri yang Luluh Lantak

Bertemu Aung San Suu Kyi, Presiden RI Bahas Keamanan di Myanmar

Bertemu Aung San Suu Kyi, Presiden RI Bahas Keamanan di Myanmar

Pesan Profesor Untuk Sarjana Dai

Pesan Profesor Untuk Sarjana Dai

Melebihi Dugaan, Pelatihan Masjid Mandiri di Istiqlal Diikuti Ribuan Peserta

Melebihi Dugaan, Pelatihan Masjid Mandiri di Istiqlal Diikuti Ribuan Peserta

Awal 2012, Lembaga Zakat Mulai Menginduk Baznas

Awal 2012, Lembaga Zakat Mulai Menginduk Baznas

Baca Juga

Berita Lainnya