Ahad, 14 Februari 2021 / 2 Rajab 1442 H

Nasional

Mahasiswa Garut Beri Dukungan untuk Ibu yang Digugat Anaknya

Adeng Bustomi
Tergugat Siti Rokayah (85) alias Amih dicium keningnya oleh anaknya Asep Ruhendi (kiri) yang juga menjadi tergugat, di rumahnya Jalan Raya Bayongbong, Garut Kota, Jawa Barat, usai menghadiri persidangan, Kamis (30/03/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sejumlah mahasiswa menggelar aksi di Kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (14/04/2017), untuk memberikan dukungan kepada Amih atau Siti Rokayah (83) yang digugat oleh anaknya terkait utang piutang sebesar Rp 1,8 miliar.

Mahasiswa tersebut menyampaikan orasi dan membentangkan spanduk dengan berbagai tulisan dukungan kepada Amih.

Mahasiswa juga meminta penggugat ibu agar segera mencabut gugatannya dan memilih jalan secara kekeluargaan.

Baca: Kasus Kekerasan atas Lansia, Anak Gugat Ibu Rp 1,8 Miliar

Dilansir Antaranews, sidang lanjutan kasus utang piutang anak dan ibu tersebut menghadirkan tergugat Amih dan anak menantunya yang menggugat, Handoyo Andianto. Sedangkan istri Handoyo yang merupakan putri Amih, tidak hadir dalam sidang tersebut.

Sidang yang dipimpin Endratno Rajamai, SH itu hanya memintai keterangan saksi-saksi dari penggugat dan tergugat.

Pengakuan Penggugat

Sebelumnya, Handoyo mengaku, upaya hukum menggugat ibu mertuanya ke PN Kabupaten Garut itu hanya ingin meluruskan persoalan utang piutangnya yang menurutnya benar secara hukum.

“Ini (persidangan), kan, cuma meluruskan persoalannya saja,” ujar Handoyo suami dari anak kandung tergugat Amih saat menghadiri sidang lanjutan di PN Kabupaten Garut, Kamis (30/03/2017) lalu.

Baca: Tanggapi Kasus Garut, Neno: Kasih Sayang Ibu Dinilainya Jauh di Atas 1,8 Milyar

Handoyo juga mengaku telah menyiapkan yang disebutnya paket kasih sayang untuk Amih jika hasil gugatannya menang dalam persidangan itu.

“Kalau menang sebagian dikasih ke Amih (Siti Rokayah), paket kasih sayang bisa ajak haji Amih, ke luar negeri sama istri saya, anak kandungnya sendiri,” ujar Handoyo.

Gugatan yang dilakukan Handoyo dan istrinya itu terkait utang piutang yang terjadi sejak 2001 dari utang semula Rp 41,5 juta.

Handoyo tetap melakukan proses hukum, kemudian jika hasil persidangannya itu menang maka akan menyediakan paket kasih sayang untuk ibu mertua.

Baca: Digugat Anaknya Rp 1,8 M, Rokayah Doakan Kebaikan Sang Buah Hati

Menurutnya, alasan memberikan paket kasih sayang itu karena ia serta istrinya, Yani Suryani, mengaku menyayangi ibu mertua Siti Rokayah. “Paling sayang orangtua, Yani dan saya, kami paling sayang,” ujarnya.

Selain menyiapkan paket kasih sayang, Handoyo juga akan melakukan trauma healing kepada ibu mertuanya setelah menjalani proses hukum.

Anak Amih lainnya, Asep Ruhendi yang juga menjadi tergugat kasus perdata utang piutang itu, sempat menyanggupi untuk membayar hutang sebesar Rp 121,5 juta. Namun ditolak oleh penggugat Handoyo.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Aa Gym: Bahagianya Jika Keadilan Tegak bagi Semua Lapisan Masyarakat

Aa Gym: Bahagianya Jika Keadilan Tegak bagi Semua Lapisan Masyarakat

Ini Yang Paling Ditekankan PPP dalam Revisi UU Ormas

Ini Yang Paling Ditekankan PPP dalam Revisi UU Ormas

Komnas HAM Sarankan KPU Tunda Pilkada 2020

Komnas HAM Sarankan KPU Tunda Pilkada 2020

Ijtima Rekomendasikan Prabowo Capres, Salim atau UAS Cawapres

Ijtima Rekomendasikan Prabowo Capres, Salim atau UAS Cawapres

Pendidikan Islam Mencakup Semua Mata Pelajaran

Pendidikan Islam Mencakup Semua Mata Pelajaran

Baca Juga

Berita Lainnya