Selasa, 16 Februari 2021 / 4 Rajab 1442 H

Nasional

Sekjen FUI Ditangkap, Aksi 313 Tetap Berlangsung

Rifa'i fadhly/hidayatullah.com
Massa Aksi 313 usai shalat Jumat di Masjid Istiqlal, melakukan long march menuju Patung Kuda, Jakarta, Jumat (31/03/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath ditangkap kepolisian semalam. Sementara itu, aksi menuntut penegakan hukum atas kasus penistaan agama yang digelar Jumat (31/03/2017) ini tetap berlangsung.

Sepanjang pengamatan hidayatullah.com, jamaah memadati berbagai ruang shalat Masjid Istiqlal, mengikuti shalat Jumat. Diperkirakan berjumlah ratusan ribu jamaah.

Diketahui, aksi yang digagas oleh FUI itu dalam rangka mendesak Presiden Joko Widodo segera memberhentikan Gubernur (non-aktif) DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatannya.

Usai shalat Jumat, massa diinstruksikan berkumpul di kawasan Patung Kuda dekat Bundaran Bank Indonesia.

Baca: Orasi di “Aksi 212 Jilid II”, Habib Rizieq: Setop Kriminalisasi Ulama!

Hingga berita ini disusun, siang hari ini usai Jumatan, belum diterima laporan siapa yang diamanahkan mengganti posisi Khaththath sebagai pimpinan aksi tersebut.

Menurut pengamatan, banyaknya jumlah massa Aksi 313 tersebut tidak seperti aksi sebelumnya, Aksi 112 di Masjid Istiqlal.

Diketahui, Khaththath ditangkap lalu ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, bersama sejumlah orang lainnya.

Sebelumnya, Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Achmad Michdan mengaku belum tahu titik terang persoalan penangkapan itu. Ia mengaku ditelepon Khaththath usai ditangkap.

“Saya belum tahu, saya belum ketemu beliau,” ujarnya di pos jaga Mako Brimob Depok, Jumat sekitar pukul 10.05 WIB saat dihubungi hidayatullah.com via sambungan telepon.

Baca: Sekjen FUI Khaththath Dikabarkan Ditangkap, Pengacara Muslim Merapat ke Mako Brimob

Informasi terkini dari Mako Brimob sekitar pukul 13.45 WIB, Michdan sudah berhasil masuk ke gedung Mako Brimob.

Sementara itu, diwartakan, Polda Metro Jaya mengamankan lima orang di tempat yang berbeda, Jumat pagi, menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol R Argo Yuwono.

“Tadi pagi tim penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya, menangkap lima orang di tempat yang berbeda berkaitan dengan pemufakatan makar,” ujarnya di Pos Pengamanan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat dikutip Antara.

Kelima orang yang diamankan tersebut berinisial ZA, IR, MAK, V, dan M. Dimana salah satu yang diamankan adalah Khaththath.* SKR, Rifa’i Fadhly

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

KISPA Luncurkan Program Wakaf Qur’an Masjid Al Aqsa

KISPA Luncurkan Program Wakaf Qur’an Masjid Al Aqsa

Aa Gym: Kemenag Perlu Bina SDM Bertauhid Bagus & Profesional

Aa Gym: Kemenag Perlu Bina SDM Bertauhid Bagus & Profesional

MUI Minta Pemerintah Bentuk Aturan dan Sistem BPJS Kesehatan Sesuai Dengan Syariah

MUI Minta Pemerintah Bentuk Aturan dan Sistem BPJS Kesehatan Sesuai Dengan Syariah

PBNU Menilai Ahok Terbukti Menistakan Agama

PBNU Menilai Ahok Terbukti Menistakan Agama

Terungkap, Ada Pertemuan Khusus Rancang Penyerangan di Tolikara

Terungkap, Ada Pertemuan Khusus Rancang Penyerangan di Tolikara

Baca Juga

Berita Lainnya