Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Menag Buka World Zakat Forum 2017

Danil
Menag Lukman saat membuka Konferensi World Zakat Forum (WZF) 2017 di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (15/03/2017).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin membuka Konferensi World Zakat Forum (WZF) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (15/03/2017). Konferensi ini akan berlangsung selama dua hari hingga Kamis besok.

Menteri Lukman menyampaikan dukungan atas ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi WZF. Sebab, Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbanyak terus berusaha mengelola dan memanfaatkan zakat dengan sebaik-baiknya.

“Pemerintah telah mengatur zakat ke dalam hukum positif melalui Undang-Undang No 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat agar pengelolaan zakat dapat optimal,” ujarnya.

Indonesia Siap Dipilih Kembali Jadi Sekjen World Zakat Forum

Sementara itu, Ketua BAZNAS, Prof Dr Bambang Sudibyo, mengatakan, BAZNAS bersama Sekretariat Jenderal WZF di bawah kepemimpinan Dr Ahmad Juwaini dengan senang hati mengambil peran menjadi tuan rumah dari konferensi  ini.

Ia berharap, Konferensi WZF tahun 2017 ini dapat melahirkan solusi atas permasalahan umat di dunia.

“Kami berharap konferensi ini berjalan lancar dan akhirnya bisa menyepakati resolusi dan membentuk kepengurusan baru dari World Zakat Forum periode 2017-2020,” ungkapnya dalam sambutannya.

Ahmad Juwaini menambahkan, para delegasi nantinya akan membahas upaya pengentasan kemiskinan. Sebab, sebagian besar negara-negara dengan warga mayoritas Muslim, penduduknya masih berada di bawah garis kemiskinan.

Baznas Optimis Target Penghimpunan Zakat 2017 Tercapai

“Konferensi ini bertujuan untuk merevitalisasi peran zakat dalam mengambil bagian dari masalah sosial-ekonomi yang terkait dengan kemiskinan dan pemberdayaan umat,” jelasnya.

Acara yang mengusung tema “Penguatan Peran Zakat sebagai Instrumen Global Pengentasan Kemiskinan” itu juga menghadirkan para penggerak zakat dari 16 negara. Yaitu Indonesia, Arab Saudi, Bosnia Herzegovina, Maroko, Malaysia, Bangladesh, Sudan, Brunei Darussalam, Uganda, Nigeria, India, Jepang, Australia, Vietnam, Kamboja, dan Cyprus.

Tuntutan Amil Zakat Bukan Sebatas Profesionalisme, tapi Ruhiyah

WZF adalah forum kerja sama lembaga-lembaga zakat sedunia. Konferensi WZF diadakan tiga tahunan dengan mengundang orang-orang yang bekerja pada urusan dan kegiatan zakat dari berbagai belahan dunia, termasuk dari negara non-Muslim. Sebelumnya, konferensi digelar di New York, Amerika Serikat.

Selain pembahasan masalah tersebut, konferensi juga menggelar suksesi pemilihan Sekretaris Jenderal WZF yang baru.*

Rep: Yahya G Nasrullah
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

NU Minta Pemkot Surabaya Tidak Izinkan Buka Karaoke, Spa, Panti Pijat

NU Minta Pemkot Surabaya Tidak Izinkan Buka Karaoke, Spa, Panti Pijat

Panduan Lengkap MUI terkait Shalat Idul Fitri di Tengah Pandemi

Panduan Lengkap MUI terkait Shalat Idul Fitri di Tengah Pandemi

Pemerintah memastikan Batal Bebaskan Ustadz Abubakar?

Pemerintah memastikan Batal Bebaskan Ustadz Abubakar?

Kemenag Sebut Masih Terjadi Disparitas Potensi dan Realisasi Zakat

Kemenag Sebut Masih Terjadi Disparitas Potensi dan Realisasi Zakat

BEM Kema Unpad Pertanyakan Pemberian Gelar Doktor pada Megawati

BEM Kema Unpad Pertanyakan Pemberian Gelar Doktor pada Megawati

Baca Juga

Berita Lainnya