Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia

Dilepas Ribuan Warga Bali, Raja Salman Tinggalkan Indonesia Menuju Jepang

Presiden Jokowi menelepon Raja Salman dari Bogor, Jawa Barat, untuk menyampaikan ucapan selamat jalan. Presiden akan mengutus menteri terkait untuk menindaklanjuti kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

Dilepas Ribuan Warga Bali, Raja Salman Tinggalkan Indonesia Menuju Jepang
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Raja Salman saat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (02/03/2017).

Terkait

Hidayatullah.com– Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, Ahad (12/03/2017) siang ini meninggalkan Bali untuk menuju ke Jepang, setelah melalui rangkaian kunjungan kenegaraannya di Indonesia, 1-12 Maret 2017 (yang sebelumnya dijadwalkan hanya sampai 9 Maret).

Sang Penjaga Dua Masjid Suci itu tiba di Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai di Kuta, Kabupaten Badung, bersama iring-iringan rombongannya sekitar pukul 10.50 WITA dengan pengawalan ketat aparat.

Wapres: Kunjungan Raja Salman Ubah Image Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose, dan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko melepas keberangkatan Raja Salman beserta rombongannya menuju Jepang.

Tampak ribuan warga Bali ikut melepas keberangkatan Raja Salman. Mereka berdiri di pinggir jalan dari Nusa Dua menuju Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai.

“Saya ingin melihat rombongan lebih dekat,” ujar Nurhayati, seorang warga kawasan Tuban, Kuta, lansir Antaranews.

Kehadiran Raja Salman ke DPR Bukti Islam Tak Anti Demokrasi

Nurhayati rela menutup sementara tempat dagangnya demi melihat iring-iringan Raja Salman. “Jarang-jarang, kan, saya bisa lihat Raja Arab, walaupun hanya kelihatan mobilnya saja tetapi saya senang sekali,” ujarnya.

Nurhayati bersama warga lainnya antusias menunggu rombongan Raja Salman melewati jalan Base Ops Lanud Ngurah Rai menuju bandara.

Saat rombongan Raja tiba, mereka mengelu-elukan sang raja sambil melambaikan tangan ke mobil-mobil mewah yang melintas dengan kawalan ketat aparat keamanan.

Aparat gabungan TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pecalang -petugas keamanan adat khas Bali- berjaga di antara ribuan warga yang berjejer di pinggir jalan untuk melepas keberangkatan Raja Salman.

Yusuf Mansur: Kunjungan Raja Salman ke Bali Tunjukkan Hubungan Bagus Islam-Hindu

Pemimpin negeri kaya minyak itu naik pesawat menggunakan tangga elektronik yang dibawa khusus dari Arab Saudi. Mengenakan gamis putih dan jubah warna keemasan, Raja Salman perlahan naik ke pesawat sembari tersenyum dan melambaikan tangan kepada para pengantarnya.

Pesawat jumbo jet Boeing 747 seri 400 yang membawa Raja Salman lepas landas pukul 11.15 WITA dari landasan pacu sebelah timur Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pesawat cadangan dan pesawat yang mengangkut kru dan tim medis menyusul 15 menit setelah pesawat sang raja tinggal landas.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim menjelaskan, selain tiga pesawat tersebut, pukul 15.00 WITA dijadwalkan ada 200 anggota rombongan lainnya yang berangkat ke Jepang.

Sebelumnya, satu pesawat Saudi Arabia Boeing 777 seri 300 dari Haneda, Jepang, telah mendarat di Bali sekitar pukul 06.30 WITA untuk menjemput rombongan lain kerajaan Arab Saudi ke Jepang.

Pukul 14.00 WITA, pesawat lainnya dari Jeddah, Arab Saudi, dijadwalkan tiba di Bandara Ngurah Rai untuk menjemput rombongan lainnya menuju Maladewa.

Sikap Adil Melihat Kunjungan Raja Salman

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Jalan

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sabtu pagi tadi menelepon Raja Salman dari Bogor, Jawa Barat, untuk menyampaikan ucapan selamat jalan.

Kepada Kepala Biro Pers, Media, dan  Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang melepas keberangkatan Raja Salman dan rombongan di Bali, menuturkan, dalam pembicaraan telepon tersebut, Presiden juga menyampaikan terima kasih atas kedatangan Raja Salman, yang hari ini mengakhiri kunjungannya di Indonesia.

Raja Salman Shalat Sunnah di Istiqlal, Disambut Ribuan Umat Islam

Retno menambahkan, dalam dua bulan ini Presiden akan mengutus menteri terkait untuk menindaklanjuti kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

Sementara Raja Salman, menurut dia, menyampaikan apresiasi sambutan hangat dari pemerintah dan masyarakat Indonesia.

“Raja berharap saling mengunjungi, baik pihak pemerintah dan swasta dari kedua negara dapat diintensifkan,” ucap Retno.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !