Dompet Dakwah Media

Hoax, Berita ”Puteri Arab Saudi” Berpakaian Penari Bali

Dalam keterangan foto di FB, Kantha menulis bahwa yang bersamanya adalah "putri dari Kerajaan Arab Saudi". Namun begitu terkejutnya dia ternyata informasi yang diterima berbeda. Saat bertanya langsung, diketahui ternyata perempuan tersebut adalah pramugari yang masuk dalam rombongan Kerajaan.

Hoax, Berita ”Puteri Arab Saudi” Berpakaian Penari Bali
[Ilustrasi] Hoax atau berita bohong.

Terkait

Hidayatullah.com– Kamis (09/03/2017) ini, beredar pemberitaan dari sejumlah media arus utama (mainstream) yang menyebut-nyebut “puteri Arab Saudi berpakaian penari Bali” di Bali.

Ternyata, berdasarkan informasi yang dihimpun hidayatullah.com, pemberitaan itu dipastikan hoax (berita bohong). Sebab, wanita tersebut bukanlah puteri Arab Saudi, melainkan wanita asal Inggris.

Dilansir laman Kompas.com, I Wayan Adi Suwira (49), pemilik Adi Spa di Nusa Dua Bali, meluruskan informasi mengenai berita “kedatangan Putri Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud dari Arab Saudi”, ke tempatnya.

Saat dikonfirmasi media online yang sebelumnya turut memberitakan hoax tersebut, Adi mengatakan, pada Rabu (08/03/2017), memang ada anggota rombongan Raja Salman yang datang ke tempatnya.

Perempuan itu diketahui sebagai warga negara Inggris yang kemudian diketahui sebagai pramugari yang ikut di rombongan tersebut.

“Mohon maaf sebelumnya, perlu saya luruskan berita yang beredar karena yang datang ke sini itu rombongan Raja,” ujar Adi, Kamis (09/03/2017).

Sikap Adil Melihat Kunjungan Raja Salman

Adi mengetahui perempuan tersebut berprofesi sebagai pramugari dari guide dan sopir yang mengantar. Pihaknya kemudian memberikan pelayanan sesuai standar Adi Spa. Adi mengaku tidak mengetahui nama perempuan tersebut karena tidak terlibat pembicaraan mendalam.

“Tidak cerita-cerita karena kami jaga privasi dan etika,” kata Adi.

Di tempatnya, wanita Inggris tersebut hanya mengambil paket busana adat Bali. Setelah dirias dilanjutkan dengan foto-foto.

Adi mengatakan, mengenai foto yang diunggah di akun Facebooknya semata-mata karena bangga ada anggota rombongan tersebut yang datang ke tempatnya.

Foto ini menjadi viral lantaran katanya salah seorang anaknya kemudian menyebarkan foto yang diunggahnya sambil menambahkan sejumlah komentar, termasuk kalimat “princesnya Raja Salman”.

Yusuf Mansur: Kunjungan Raja Salman ke Bali Tunjukkan Hubungan Bagus Islam-Hindu

Unggahan di FB Dihapus

Sementara, diwartakan, foto perempuan berpakaian adat Bali disebut-sebut putri dari Kerajaan Arab Saudi viral di media sosial ternyata seorang pramugari pesawat Arab Saudi.

Kepastian ini diungkapkan penanggung jawab ADI Spa dan Balinis Kostum Kantha Adnyana di Nusa Dua, Bali.

Kantha menceritakan, awalnya dia begitu antusias mendapat kabar bahwa ada putri dari Kerajaan Arab Saudi akan berkunjung ke rumah spanya, Rabu (08/03/2017). Informasi tersebut dia peroleh dari sopir yang mengantarkan perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut.

Hoax Tumbuh Akibat Ketidakpercayaan Terhadap Pemerintah dan Pers

Di rumah spa itu, perempuan asal Inggris berdandan dan memakai pakaian adat Bali. Karena yang datang bukan tamu sembarangan, Kantha kemudian mengajak foto bersama dan mengunggahnya ke akun Facebook miliknya. Dalam keterangan foto, Kantha menulis bahwa yang bersamanya adalah “putri dari Kerajaan Arab Saudi”.

Namun begitu terkejutnya dia ternyata informasi yang diterima berbeda. Saat bertanya langsung, diketahui ternyata perempuan tersebut adalah pramugari yang masuk dalam rombongan Kerajaan Arab Saudi.

“Ada kabar kalau mereka (rombongan pangeran dan putri kerajaan Arab) akan berkunjung ke mari (ADI Spa). Kebetulan saat itu ada pramugari asal Inggris mirip orang Arab, kita ambil sesi foto,” kata Kantha saat dihubungi lansir merdeka.com.

Redam Berita Palsu dengan Hoax Buster

Menurutnya, foto yang diunggah ke Facebook emang asli. “Hanya keterangannya karena terlalu gembiranya saya sebut seperti itu. Seorang princess hadir di Spa kami, dia juga pramugari dari pesawat dari Arab,” bebernya.

Karena viral dan merasa ada kesalahan informasi, Kantha akhirnya menghapus postingannya tersebut. “Saya mengakui bahwa caption itu agak lebai, karena saya pikir itu putri dari kerajaan,” terangnya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !