Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Wapres: Kunjungan Raja Salman Ubah Image Indonesia

Foto: Daniel
HidayatulRaja Salman melambaikan tangan kepada Wapres Jusuf Kalla dan rombongan pengantar sebelum masuk pesawat.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud tidak hanya diukur dari soal investasi. Menurutnya, ada makna lebih yang terkait dengan persahabatan dan sosial keagamaan.

“Kunjungan seperti ini jangan kita melihatnya pada apa yang kita tandatangani. Image nya sangat berubah saat mereka melihat Indonesia aman,” ujar Wapres saat memberikan keterangan pers usai melepas keberangkatan Raja Salman menuju Brunei Darussalam dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dikutip laman Kemenag.

“Ini kunjungan persahabatan, lebih membuka suasana dan image yang baik. Kalau rajanya saja tinggal di sini 9 hari, apalagi rakyatnya, mungkin bisa tinggal sebulan,” tambahnya.

Didampingi Menag Lukman Hakim Saifuddin, Wapres JK mengingatkan bahwa sebagian orang Saudi membayangkan Indonesia sebagai negara pengirim tenaga kerja karena yang selama ini datang ke sana kebanyakan hanya TKI. “Padahal apa bedanya dengan Singapura. Mereka juga surprise. Lebih bagus Jakarta. Gedung tinggi lebih banyak di sini,” terangnya.

Baca: Arab Saudi Ingin Indonesia Segera Realisasikan Pariwisata Ala Timur Tengah

“Kita ingin merubah dulu persepsi, imagenya, bahwa Indoensia itu adalah negara maju. Sehingga jangan diukur berapa-berapanya (investasi) dulu, karena itu jangka panjang,” tambahnya.

Sebelumnya, Wapres JK juga tengah mengadakan pertemuan dengan Raja Salman di Hotel Rafles. Dalam kesempatan itu, Raja Salman menyampaikan terima kasih atas sambutan masyarakat Indonesia. Dia merasa, semenjak menjadi raja dan melakukan kunjungan, sambutan di Indonesia paling luar biasa.

“Raja juga menganggap ini rumahnya kedua,” ujarnya.

Kepada Raja Salman, Wapres menyampaikan bahwa sambutan yang diberikan merupakan bentuk kecintaan masyarakat Indonesia.

Meski demikian, bukan berarti investasi tidak penting. Sebagai tindaklanjut dari kunjungan ini, lanjut Wapres, kedua Negara akan segera membentuk tim untuk mempercepat implementasi dari nota kesepahaman yang telah disepakati. Karena biasanya kunjungan Raja tidak membahas hal teknis yang baru akan dibahas setelah ada kesepahaman.

Baca: Pertama Kali Setelah 47 Tahun, DPR Merasa Istimewa Dikunjungi Raja Arab Saudi

“Mereka tertarik sekali, tadi dibicarakan di sini, untuk segera merealisasi destinasi wisata yang sesuai dengan suasana timur tengah. Kalau orang timur tengah itu kan berwisata dengan keluarga,” tandasnya.

Sebelumnya, Sabtu (04/03/2017) Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas keberangkatan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Raja Salman dijadwalkan akan melakukan kunjungan sehari ke Brunei Darussalam sebelum berlibur di Denpasar, Bali.

Khadimul Haramain (Penjaga Dua Kota Suci) dijadwalkan akan berada di Denpasar hingga tanggal 9 Maret mendatang. Menag Lukman juga dijadwalkan akan melepas keberangkatan Raja Salman dan delegasi menuju Arab Saudi dari Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali.

Iringan mobil Raja Salman masuk ke Bandara Halim sekitar pukul 09.32 WIB. Mereka langsung masuk menuju landasan melalui pintu gerbang VIP.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kader Mahasiswa Muhammadiyah Ditangkap Polisi, Fokal IMM Desak Pembebasan

Kader Mahasiswa Muhammadiyah Ditangkap Polisi, Fokal IMM Desak Pembebasan

SMP Putri Luqman Hakim, Ajari Quran 2 Mahasiswa Jepang

SMP Putri Luqman Hakim, Ajari Quran 2 Mahasiswa Jepang

Dalam Sistem Presidensial, DPR Tak Bisa Lakukan Impeachment terhadap Jokowi

Dalam Sistem Presidensial, DPR Tak Bisa Lakukan Impeachment terhadap Jokowi

Lembaga Halal Eropa Sebut Pemberitaan Majalah Tempo Upaya Mendiskreditkan MUI

Lembaga Halal Eropa Sebut Pemberitaan Majalah Tempo Upaya Mendiskreditkan MUI

LAZ BMH Raih Opini WTP untuk Laporan Keuangan 2014

LAZ BMH Raih Opini WTP untuk Laporan Keuangan 2014

Baca Juga

Berita Lainnya