Sidang Ketiga Kasus Penistaan Agama Terdakwa Ahok

Pelapor Kasus Ahok Minta Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa

"Kami minta Majelis Hakim melanjutkan persidangan berikutnya dengan agenda pembuktian," ujar Pedri Kasman mewakili AMM.

Pelapor Kasus Ahok Minta Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Pedri Kasman, Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah di Jakarta.

Terkait

Hidayatullah.com– Selasa (27/12/2016) pagi, sidang ketiga kasus penistaan agama oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan digelar dengan agenda pembacaan putusan sela. Yaitu terkait apakah persidangan dapat dilanjutkan atau dihentikan.

Sidang kasus Ahok berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara di eks gedung PN Jakarta Pusat, Jl Gajah Mada No 17, Jakpus.

Tak Sentuh Subtansi Masalah, Sidang Ahok Dianggap Drama

Pelapor kasus Ahok tersebut dari pihak Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) meminta Majelis Hakim tetap melanjutkan persidangan tersebut.

“Berdasarkan kajian kami terhadap sidang pertama dan kedua, majelis hakim sudah selayaknya secara tegas memutuskan untuk menolak eksepsi terdakwa dan Penasihat Hukum (PH)-nya,” ujar Pedri Kasman mewakili AMM, Senin (26/12/2016).

Alasannya, kata Pedri yang juga Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah, nota keberatan (eksepsi) terdakwa dan PH-nya telah masuk ke pokok perkara. Dengan kata lain bukan lagi eksepsi tapi sudah mengarah ke pledoi (pembelaan).

Pelapor: Sidang Perdana Kasus Ahok Bermasalah, Selanjutnya Semoga Ditertibkan

Eksepsi PH Ahok, jelasnya, menunjukkan secara jelas dan nyata tidak memahami unsur dan dalil yang dimaksud pada pasal 156a KUHP. PH juga banyak menggunakan istilah dan kondisi yang tidak relevan atas dakwaan JPU.

“Atas dasar itu kami minta Majelis Hakim melanjutkan persidangan berikutnya dengan agenda pembuktian,” ujarnya yang juga atas nama PH pelapor dari AMM dalam siaran persnya kepada hidayatullah.com.

Eksepsi Terdakwa Ahok Dinilai Banyak tak Berdasar Hukum

PH AMM dalam kasus Ahok terdiri dari Deni Ardiansyah Lubis, SH, MH; Farid Mu’adz Basakran, SH; Agung RH, SH; Mursal Fadhilah, SH; dan Widyal Fitri Zulkarnaen, SH, MH.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !