Dede Yusuf: Kenapa Banyak Tenaga Kerja Asing dari China?

Perbandingan antara angka tenaga kerja, pengangguran, dan kemajuan teknologi menjadi penyebab banyaknya tenaga kerja asal China yang menyasar negara lain

Dede Yusuf: Kenapa Banyak Tenaga Kerja Asing dari China?
Antara
Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf

Terkait

Hidayatullah.com–Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf mengatakan, perbandingan antara angka tenaga kerja, pengangguran, dan kemajuan teknologi menjadi penyebab banyaknya tenaga kerja asal China yang menyasar negara lain.

Dede menjelaskan, kebijakan satu anak di China membuat jumlah penduduk yang tua lebih banyak dibanding yang muda.

“Nah kalau kita lihat angka pengangguran 5 persen di China, berarti sekitar 45 juta orang angkatan kerja itu nganggur. Sementara sekarang China sudah beralih kepada teknologi tinggi,” ujarnya.

Hal itu ia sampaikan pada diskusi bertema ‘Di Balik Serbuan Warga Asing’ di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2016).

Dede menambahkan, karena China yang dulu mengandalkan UKM atau home industri, sekarang angkatan kerja yang tuanya mulai tertinggal.

“Inilah yang pemerintah China pikirkan bagaimana memberikan pekerjaan bagi mereka dengan perluasan kesempatan kerja,” jelasnya.

“Dan ini kemudian yang didorong untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan diluar,” pungkas Dede.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !