200 Orang Suku Wana Ikrarkan Dua Kalimat Syahadat

Pengucapan ikrar 2 kalimat Syahadat dipandu langsung oleh Camat Bungku Utara, Armansyah di masjid al-Ikhlas, Dusun Parigi, Desa Opo, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, pada Selasa (13/12/2016) siang

200 Orang Suku Wana Ikrarkan Dua Kalimat Syahadat
Fazeri/hidayatullah.com
200 orang suku Wana dari beberapa dusun di Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah mandi massa setelah memeluk agama Islam

Terkait

Hidayatullah.com–Sekitar 200 orang suku Wana dari beberapa dusun di Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah menyatakan memeluk agama Islam.

“Suku Wana yang mengucapkan ikrar 2 kalimat Syahadat ini berasal dari dusun Watu Marando, Makoto, Boba Toronggo, dan Salobiro,” kata Tokoh Agama Dusun Parigi, Muhammad Amin Idris kepada hidayatullah.com sebelum prosesi pembacaan ikrar.

Pengucapan ikrar 2 kalimat Syahadat dipandu langsung oleh Camat Bungku Utara, Armansyah di masjid al-Ikhlas, Dusun Parigi, Desa Opo, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, pada Selasa (13/12/2016) siang.

“Saya sangat bersyukur, saudara-saudara kita dari Suku Wana telah mendapat hidayah untuk mengucap dua kalimat Syahadat,” kata Arman dalam sambutannya, didampingi Kapolsek Bungku Utara dan beberapa perwakilan aparatur daerah setempat.

Ada hal yang menarik dari prosesi ini. Sebelum mereka mengucapkan ikrar 2 kalimat Syahadat, diadakan mandi massal terlebih dahulu. Sekitar 200 orang suku Wana dibawa ke sungai yang tak jauh dari masjid al-Ikhlas.

Setelah mandi massal ada pembagian perangkat alat shalat. Mulai dari jilbab, kerudung, mukena dan sajadah yang dibagikan kepada kaum wanita. Sedang baju koko, peci, sarung, juga sajadah dibagikan kepada kaum pria. Tak hanya, pria dan wanita dewasa, anak-anak mereka pun juga mendapat bagian.

suku-wana-gosok-gigi1

Pasca syahadat dilakukan mandi massal, sikat gigi dan pembagian perangkat alat shalat dan penutup aurat dari dari Pos Dai Hidayatullah Jakarta

Diketahui, perangkat alat shalat ini merupakan bantuan dari Pos Dai Hidayatullah Jakarta, bekerjasama dengan beberapa lembaga baik swasta dan pemerintah.

Sementara, untuk penyelenggaraan prosesi pengucapan ikrar 2 kalimat Syahadat ini, bekerja sama dengan Lembaga Pembinaan Muallaf (LPM) Bungku Utara, yang baru dibentuk pada Agustus 2016 lalu. Bahkan juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Morowali Utara, mulai Camat, Kapolsek dan Kepala Puskesma Bungku Utara, serta DPRD Morowali Utara.

Menurut beberapa literatur sejarah, suku Wana merupakan suku tertua di Sulawesi Tengah. Mereka tersebar di pegunungan Tokala, yang berada di wilayah Kabupaten Morowali Utara. Kabupaten Morowali Utara sendiri adalah pemekaran dari Kabupaten Morowali. Sementara itu, kabupaten Morowali merupakan pemekaran dari kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Seperti apa detail prosesi acaranya? InsyaaAllah akan dikupas oleh Majalah Suara Hidayatullah pada edisi tahun 2017 mendatang. Tak hanya prosesi, tapi juga mengupas potret kehidupan suku Wana secara langsung. Seperti apa kultur-budaya, agama, serta nilai-nilai moral yang mereka miliki.*

Rep: Achmad Fazeri

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !