Gencar Seruan Boikot Pasca Aksi Bela Islam III

Pengumuman Sari Roti Terkait Aksi 212 Hilang dari Situs Resminya

Dalam pengumuman itu, Sari Roti menyinggung adanya sejumlah pedagang Sari Roti membagi-bagikan dagangannya secara gratis kepada peserta Aksi Bela Islam III di Jakarta Pusat.

Pengumuman Sari Roti Terkait Aksi 212 Hilang dari Situs Resminya
istimewa
Pengumuman Sari Roti soal Aksi Super Damai 212

Terkait

Hidayatullah.com– Pada tanggal 5 Desember 2016 lalu, PT Nippon Indosari Corpindo (NIC) Tbk selaku produsen produk Sari Roti menyampaikan pengumuman terkait Aksi Super Damai 212, Jumat (02/12/2016) lalu.

Dalam pengumuman melalui situs resminya itu, NIC di antaranya menyatakan perusahaan ini “tidak terlibat dalam semua kegiatan politik”.

Namun, pantauan hidayatullah.com, Jumat (09/12/2016) sekitar pukul 05.45 waktu di Jakarta, pengumuman itu sudah hilang dari situs resminya.

Dalam pengumuman itu, Sari Roti menyinggung adanya sejumlah pedagang Sari Roti membagi-bagikan dagangannya secara gratis kepada peserta Aksi Bela Islam III di kawasan Monas, Jakarta Pusat, dan sekitarnya itu.

Sekolah Muhammadiyah ini Dikabarkan Boikot Produk Sari Roti

Kabarnya dagangan mereka telah dibayar oleh dermawan khusus untuk dibagikan secara gratis kepada massa.

“Kemunculan informasi mengenai pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle), merupakan kejadian yang berada di luar kebijakan dan tanpa seijin PT Nippon Indosari Corpindo Tbk,” di antara bunyi poin pengumuman resmi itu.

Pengumuman dari NIC itu sontak menimbulkan reaksi negatif dari publik khususnya masyarakat pengguna internet (netizen). Sikap NIC itu dinilai tidak sejalan dengan suara publik yang justru mengapresiasi pembagian gratis produk Sari Roti tersebut.

Tak lama kemudian, muncul seruan pemboikotan produk-produk NIC. Di media sosial Twitter, misalnya, ramai dikicaukan tanda pagar (tagar)#BoikotSariRoti.

Sementara itu, belum diketahui pasti penyebab hilangnya pengumuman NIC dari situs resminya tersebut. Diduga karena seruan pemboikotan terhadap Sari Roti terus menguat.

Di dunia nyata, gerakan boikot produk roti ini telah berlangsung. SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Jawa Timur, dikabarkan secara resmi telah menyetop pasokan Sari Roti dalam lingkup dan kegiatan sekolah tersebut.

Pengumuman yang Hilang itu

Berikut salinan lengkap pengumuman itu yang sempat disimpan hidayatullah.com pada Rabu (07/12/2016) lalu dari situs resminya:

Jakarta – Sehubungan dengan beredarnya informasi mengenai adanya pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle) pada Aksi Super Damai 212, dengan ini kami sampaikan bahwa:

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. selaku produsen produk Sari Roti memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas terlaksananya Aksi Super Damai 212 yang berjalan dengan lancar dan tertib pada tanggal 2 Desember 2016.

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. senantiasa berkomitmen menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika dengan senantiasa berusaha untuk menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia.

Dengan tidak mengurangi apresiasi kami atas Aksi Super Damai kemarin, dengan ini kami sampaikan bahwa PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. tidak terlibat dalam semua kegiatan politik. Kemunculan informasi mengenai pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle), merupakan kejadian yang berada diluar kebijakan dan tanpa seijin PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Boikot Sari Roti, SD Muhammadiyah ini Tegaskan Aksi 212 bukan Politis

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan ini PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. menyampaikan bahwa:

Produk Sari Roti tersebut adalah produk yang dibeli oleh salah seorang Konsumen melalui salah satu Agen yang berlokasi di Jakarta.

Pihak Pembeli meminta agar produk tersebut dapat diantarkan ke area pintu masuk Monas dan dipasangkan tulisan “gratis” tanpa pengetahuan dan perijinan dari pihak PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Demikian informasi ini kami sampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman diberbagai pihak. PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. berkomitmen untuk selalu menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, serta tidak terlibat dalam semua aktivitas kegiatan politik.

Hingga berita ini diturunkan, Jumat pagi, tautan resmi pengumuman itu: http://www.sariroti.com/post/berita-pers/pengumuman-1/, sudah tidak memuat pengumuman apapun.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !