Dompet Dakwah Media

Agar Ikut Acara di Bundaran HI, Sejumlah Warga Dikabarkan Dibayar Rp 50 Ribu

"(Saya tanya) kok diambil (uangnya)? (Dijawab) 'Enggak apa-apa, Bang, ambil aja, acaranya enggak usah ikut'," ujarnya menceritakan dialognya.

Agar Ikut Acara di Bundaran HI, Sejumlah Warga Dikabarkan Dibayar Rp 50 Ribu
bilal tadzkir/hidayatullah.com
Suasana di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Ahad (04/12/2016) pagi. Di sini biasa tiap Ahad pagi digelar kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB/CFD). Ahad ini bersamaan dengan parade budaya.

Terkait

Hidayatullah.com– Banyak warga di salah satu permukiman padat penduduk di kawasan Klender, Jakarta Timur, dikabarkan menerima bayaran untuk mengikuti sebuah acara pada Ahad (04/12/2016) ini.

“Warga dikasih uang Rp 50 ribu,” ungkap oleh salah seorang sumber terpercaya dalam bincang-bincang dengan hidayatullah.com di Jakarta Timur, Ahad pagi.

Dijanjikan Istigasah, Para Wanita ini Malah Dihadirkan di Parade Bhinneka Tunggal Ika

Pria yang meminta identitasnya tidak diungkap itu menuturkan, semalam, Sabtu (03/12/2016), ia menyaksikan langsung para warga yang menerima duit tersebut.

Saat itu, akunya, ia sedang bersilaturahim dengan keluarganya di kawasan Klender tersebut.

Ia mengungkap, di kawasan itu diperkirakan terdapat sekitar 300-an warga. Di kawasan itu, kata dia, ada beberapa koordinator yang mengkoordinasi pembagian uang tersebut.

Pengakuan warga, kata dia, uang itu diberikan agar warga mau ikut acara di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Ahad pagi ini.

“(Saya tanya) kok diambil (uangnya)? (Dijawab) ‘Enggak apa-apa, Bang, ambil aja, acaranya enggak usah ikut’,” ujarnya menceritakan dialognya dengan seorang pria warga Klender berusia sekitar 50-an tahun.

Warga-warga lain, kata dia, juga mengungkapkan hal serupa.

Nama Ketua PP Muhammadiyah dan Sejumlah Tokoh Dicatut dalam ‘Parade Bhineka Tunggal Ika’

Diketahui, Ahad ini, digelar sebuah acara bertema “keindonesian” di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (HBKB/CFD) sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Acara ini dikemas dalam bentuk parade budaya dengan jargon “Indonesia Kita”.

Belum diketahui pasti hubungan antara bagi-bagi uang di Klender tersebut dengan acara di Bundaran HI yang bersamaan dengan agenda HBKB/CFD.

Acara di Bundaran HI yang diikuti ratusan orang itu disebut-sebut oleh sebagian kalangan sebagai acara tandingan dari Aksi Bela Islam III di kawasan Monas dan sekitarnya, Jumat (02/12/2016). Aksi Bela Islam III diikuti sedikitnya 2 juta massa.

Pengamatan awak hidayatullah.com di lokasi, massa berkerumun di kawasan Bundaran HI. Di sini terdapat panggung acara. Tampak atribut sejumlah partai politik, seperti bendera Partai NasDem dan Partai Golkar.

Para Peserta Parade Bhinneka Tunggal Ika ini Kecewa hanya Dibayar Rp 100 Ribu

Sebelumnya, pada aksi Parade Bhinneka Tunggal Ika, terdapat banyak massa bayaran yang didatangkan ke Jakarta. Massa dari Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, misalnya, dibayar Rp 100 ribu agar mau ikut parade itu.

Parade ini diikuti ratusan orang, digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Sabtu (19/11/2016) lalu.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !