‘Atas Nama Cinta’, Peserta Aksi Damai 411 akan Kembali ke Jakarta

Sebagian massa peserta Aksi Damai 411 sudah kembali ke daerah masing-masing. Sebagian masih bertahan di Istiqlal hingga Sabtu (05/11/2016). Semoga selamat sampai tujuan!

‘Atas Nama Cinta’, Peserta Aksi Damai 411 akan Kembali ke Jakarta
muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Sebagian massa peserta Aksi Damai 411 di Masjid Istiqlal sehari sebelum aksi pada Jumat, Kamis (03/11/2016) malam.

Terkait

Hidayatullah.com– Sabtu (05/11/2016) pagi, suasana di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, tidak terlalu ramai dibanding kemarin, terutama usai Aksi Damai 411, Jumat (04/11/2016).

Masjid Istiqlal memang menjadi salah satu basis utama massa yang datang dari berbagai wilayah se-Indonesia.

Sebagian massa peserta Aksi Bela Islam II tersebut sudah kembali ke daerah masing-masing. Sebagian masih bertahan di Istiqlal, setidaknya hingga Sabtu pagi.

Arifin, misalnya. Salah satu peserta aksi itu datang dari Jombang, Jawa Timur.  Pria yang bekerja sebagai guru ini datang bersama kedua muridnya, Azki dan Rifqi.

Pria yang mengaku dari IKADI Jombang ini mengatakan akan kembali ke Jombang pada Sabtu siang dengan kereta api.

“Sudah pesan tiket jam 14.00 WIB,” ungkapnya saat ditemui hidayatullah.com di ruang shalat utama Masjid Istiqlal, Sabtu siang.

Kakek 79 Tahun Ikut Aksi Bela Islam, Pakai Biaya Sendiri

Damai dan Kondusif

Ditanya kesannya tentang aksi kemarin, Arifin menyatakan, unjuk rasa atas kasus dugaan penghinaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu berjalan damai dan kondusif.

“Kita harus sesuai komando dari Jatim untuk aksi damai. Bahkan kita membuang satu sampah aja dilarang. Prinsip kita damai dan pesan tersampaikan, serta target tercapai,” ungkapnya.

Diketahui, hajatan yang juga disebut Aksi Bela Qur’an itu berjalan dengan damai dan tertib sejak siang-malam.

Namun, setelah itu, ada provokator yang menyusup untuk memancing terjadinya ricuh, menurut Arifin.

“Ricuh itu bukan dari kita (massa. Red). Laporan dari teman, itu ada provokator yang memancing kericuhan,” jelasnya.

Arifin menyatakan akan tetap menunggu keputusan dan janji dari pemerintah untuk segera memproses hukum Gubernur (non-aktif) DKI Jakarta, Ahok.

“Kita akan tetap menunggu keputusan dari pemerintah yang janjinya dua minggu. Sampai Ahok ini bener-bener diproses hukum secara adil,” ujarnya.

Lajang Asal Aceh ini Kuras Tabungan Nikah untuk Ikut Aksi Bela Islam

Atas Nama Cinta

Sementara, Risman, peserta Aksi Damai 411 dari Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, menyatakan kesediaannya untuk turun jalan lagi.

Jika memang ada seruan untuk Aksi Bela Islam jilid berikutnya, kata dia.

“Yang namanya cinta (sama agama), kalau kita sudah cinta, kalau dipanggil ya harus datang,” ungkapnya kepada hidayatullah.com di depan gerbang utama Istiqlal.

Risman mengaku datang ke Jakarta atas inisiatif dan biaya sendiri. Ia mengatakan akan kembali ke Mamuju Utara Sabtu siang.

Diharapkan para pendukung penegakan keadilan hukum atas kasus Ahok itu kembali ke daerah masing-masing dengan selamat.* Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !