Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Jelang Pilkada Serentak 2017, Suasana Kondusif Harus Terus Dijaga

Pilkada DKI Jakarta 2017
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 di sejumlah daerah di Indonesia diharapkan berlangsung dalam suasana damai.

Segenap komponen bangsa, dari jajaran pejabat, aparat keamanan, tokoh agama, politisi, calon kepala daerah, dan berbagai kalangan masyarakat diharapkan mampu terus menjaga suasana kondusif di negeri ini.

Yang menjadi perhatian khusus adalah Pilkada DKI Jakarta.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Rabu (26/10/2016), mengatakan, dinamika pilkada di ibukota negara menjadi barometer pilkada keseluruhan di Indonesia.

Tjahjo pun memberi pesan khusus kepada pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta dan Banten.

“Tugas utama menjaga pilkada serentak berjalan dengan aman untuk selalu koordinasi, konsultasi dengan Forum Pimpinan Daerah,” ujar Tjahjo di Jakarta dikutip Antara.

Khusus untuk Plt Gubernur Banten, Tjahjo berpesan agar memperhatikan indeks kerawanan pilkada yang dikirimkan ke Bawaslu.

Berdasarkan indeks kerawanan pilkada Bawaslu dan deteksi dini jajaran intelijen, kata Tjahjo, Banten diidentifikasikan sebagai daerah rawan pilkada dalam kategori tinggi selain Jakarta.

“Saya mohon peran Bawaslu di tingkat provinsi dan Panwaslu di tingkat kabupaten/kota, serta seluruh pihak terkait, melaksanakan amanat undang-undang,” imbaunya.

Jaga Komunikasi

Tjahjo meminta Plt Gubernur dapat terus berkomunikasi dengan Forum Pimpinan Daerah, aparat terkait, dan tokoh masyarakat, agar pelaksanaan pilkada berjalan demokratis. Dimana, hak politik masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik.

Rabu ini, Mendagri Tjahjo secara resmi melantik pejabat Plt Gubernur DKI Jakarta dan Banten di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Mereka yang dilantik antara lain Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono, sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta dan Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendagri, Nata Irawan, sebagai Plt Gubernur Banten.

Soni Sumarsono dan Nata Irawan dilantik sebagai Plt karena Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Gubernur Banten Rano Karno akan menjalani cuti kampanye pilkada serentak 2017.

Plt Gubernur akan menjabat selama masa kampanye 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

Total daerah yang akan menggelar pilkada serentak, Rabu, 15 Februari 2017, berjumlah 101 daerah. Terdiri dari 7 provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten.

Daerah tersebut yang akhir masa jabatan kepala daerahnya berakhir bulan Juli 2016 – Desember 2017.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Yusril Sebut DPR Tandingan Sebagai Ketidakdewasaan Berpolitik

Yusril Sebut DPR Tandingan Sebagai Ketidakdewasaan Berpolitik

Kapolri Minta Presiden Terbitkan Perppu Terorisme

Kapolri Minta Presiden Terbitkan Perppu Terorisme

ppkm jokowi skala mikro

PPKM Skala Mikro Efektif Turunkan Kasus Covid-19, Jokowi: Kita Harus Tetap Waspada dan Bekerja Keras

Sherina Dukung LGBT, Bendri Jaisyurrahman: Jangan Dihujat, Kita Dakwahi

Sherina Dukung LGBT, Bendri Jaisyurrahman: Jangan Dihujat, Kita Dakwahi

Wapres: Sejak Lama, Pesantren  Berperan Ciptakan Kedamaian Indonesia

Wapres: Sejak Lama, Pesantren  Berperan Ciptakan Kedamaian Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya