Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Kemenag Catat Rata-Rata Indeks Kerukunan 75,36 Persen

hidayatullah.com
Ilustrasi: Islam dengan syariahnya yang sempurna sudah terbukti mampu mewujudkan negara yang aman, damai dan tenteram
Bagikan:

Hidayatullah.com–Dalam kurun dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, indeks kerukunan umat beragama tahun 2015 masuk ke dalam kategori TINGGI dari skala 100, dan rata-rata indeks kerukunan adalah 75,36 persen.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam Pers Briefing 2 Tahun Kerja Nyata Pemerintahan Jokowi-JK di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Senin (24/10/2016) memaparkan, meningkatnya kehidupan harmonis umat beragama berjalan seiring dengan menurunnya konflik sosial bernuansa keagamaan, pemberdayaan forum-forum kerukunan, berkembangnya kerja sama lintas agama

Dikatakan Menag, sejumlah dialog lintas iman terus dilakukan untuk mewujudkan Indonesia damai dan toleran.Dalam 2 tahun terakhir, Kementerian Agama telah menggelar 12 pertemuan dialog kerukunandi berbagai daerah dan dihadiri 2.837 tokoh masyarakat dan pemuda lintas agama. Langkah-langkah itu dilengkapi dengan sejumlah penelitian sebagai bahan penyusunan kebijakan terkait peningkatan kualitas kerukunan umat beragama.

Dalam konteks peningkatan kualitas kehidupan keagamaan, Kemenag memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat terhadap layanan kitab suci. Tidak kurang 1,2 juta eksemplar Al Quran, 16.624 Alkitab, dan 7.500 Injil telah diadakan untuk didistribusikan selama 2015 dan 2016.

“Bahkan, untuk lebih memudahkan akses masyarakat, Kemenag sudah merilis Al Quran digital yang bisa diakses secara gratis melalui ponsel,” ujar Menag dikutip laman Kemenag.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ini Dia Prosesi Penutupan Dolly dan Jarak

Ini Dia Prosesi Penutupan Dolly dan Jarak

GNPF Ulama akan Gelar Ijtima Persatukan Umat dan Bangsa

GNPF Ulama akan Gelar Ijtima Persatukan Umat dan Bangsa

Ahoker Kecewa Jokowi Pilih Kiai Ma’ruf

Ahoker Kecewa Jokowi Pilih Kiai Ma’ruf

revisi uu ite

Wacana Revisi UU ITE, Pemerintah Resmi Bentuk Tim Pengkaji

Din Calon Kuat Terpilih

Din Calon Kuat Terpilih

Baca Juga

Berita Lainnya