Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Komnas HAM: Ahok Lecehkan Agama, Segera Minta Maaf ke Publik

muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
(Mantan) Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Maneger Nasution, mendesak Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok segera meminta maaf atas pernyataannya soal Surat Al-Maidah ayat 51.

Pada suatu acara di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, beberapa waktu lalu, Ahok meminta warga untuk jangan percaya “dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51”.

“Atas ucapan yang melecehkan tersebut, ada baiknya, sebelum terlambat, yang bersangkutan (Ahok. Red) segera  meminta maaf dan menyatakan penyesalan secara terbuka ke publik atas ucapan pelecehan tersebut.

Dan berjanji tidak akan mengulangi lagi kata dan laku yang cacat nalar kemanusiaan tersebut di masa mendatang,” ujar Maneger dalam keterangannya, diterima hidayatullah.com di Jakarta, Jumat (07/10/2016).

Kepada pejabat publik, dalam hal ini Ahok, Komnas HAM memintanya untuk tidak hanya merasa bisa, tapi juga harus bisa merasa.

Salah satu nilai paling elementer dalam HAM itu adalah sikap respek, imbuh Maneger. [Baca juga: Pemuda Al Irsyad Kecam Pernyataan Ahok yang Sebut Dalil Surat Al Maidah sebagai Pembohongan]

“Seorang pejabat publik harus bisa merasa dan menghormati perasaan dan apalagi keyakinan orang lain. Penghormatan terhadap keyakinan orang lain adalah kasta tertinggi dalam HAM,” ujar Maneger.

Di samping itu, Komnas HAM meminta kepada publik untuk tidak terprovokasi oleh kasus ini.

“Publik yang merasa tidak nyaman dengan peristiwa ini sebaiknya menempuh cara yang elegan melalui mekanisme hukum yang tersedia. Misalnya dengan mengajukan yang bersangkutan ke proses hukum untuk dimintai pertanggungjawaban atas kata dan lakunya,” ujarnya. [Baca juga: Jumat Ini, Pemuda Muhammadiyah Laporkan Ahok ke Polda Metro]

Diberitakan hidayatullah.com sebelumnya, ucapan Ahok kembali menuai kecaman setelah menyinggung soal al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 51. Sebelumnya, pernyataan Ahok memang kerap memicu kontroversi.

Awalnya, pada sebuah acara di Kepulauan Seribu, Ahok membahas tentang rencana suatu program. Ahok lalu mengaitkan rencana itu dengan agenda Pilkada DKI Jakarta 2017 dan posisi dirinya sebagai petahana non-Muslim.

Ia kepada warga mengatakan, “Jadi, jangan percaya sama orang, bisa aja dalam hati kecil bapak ibu nggak bisa pilih saya. …Dibohongi pakai Surat Al-Maidah (ayat) 51 macem-macem itu. Itu hak bapak-ibu ya!” [Baca: Ahok Dikecam Bilang “Jangan Percaya Dibohongi Pakai Surat Al-Maidah”]*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Muncul Video Bernuansa Penghinaan atas KH Arifin Ilham, Pembuatnya Diultimatum

Muncul Video Bernuansa Penghinaan atas KH Arifin Ilham, Pembuatnya Diultimatum

Pembubaran Ormas Dinilai Tidak Efektif

Pembubaran Ormas Dinilai Tidak Efektif

Kericuhan Warnai Penyegelan Masjid Ahmadiyah

Kericuhan Warnai Penyegelan Masjid Ahmadiyah

Belum Ada WNI Jadi Korban, Indonesia Kecam Teror di Nice

Belum Ada WNI Jadi Korban, Indonesia Kecam Teror di Nice

Ketika Shaf Shalat Jamaah Reuni 212 Diperhatikan Betul

Ketika Shaf Shalat Jamaah Reuni 212 Diperhatikan Betul

Baca Juga

Berita Lainnya