Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Hari Raya Serentak, Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1437 H 12 September 2016

kemenag.go.id
Konferensi pers sidang itsbat awal Ramadhan 1437 H
Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemerintah menetapkan Awal Zulhijjah 1436H jatuh pada hari Sabtu, 3 September 2016, sehingga Hari Idul Adha 1437H jatuh pada tanggal 12 September 2016.

Penetapan dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat sidang isbat penetapan awal Zulhijjah di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin No. 6 Jakarta, Kamis (01/09/2016) kemarin.

“Dengan tidak terlihatnya hilal, maka bulan Zulqaidah diistikmalkan atau disempurnakan menjadi 30 hari, dan 1 Zulhijjah 1437H jatuh pada tanggal 3 September 2016. Dengan demikian tanggal 10 Zulhijjah bertepatan dengan hari Senin, 12 September 2916,” kata Lukman Hakim Saifuddin dikutip laman Kemenag.go.id.

Dikatakan Menag, berdasarkan laporan hasil pengamatan tim rukyat hisab Kementerian Agama yang disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah M. Thambrin menyatakan bahwa posisi hilal berada di para petugas rukyat yang tersebar di 29 titik di seluruh Tanah Air tidak melihat hilal. Posisi hilal berada di bawah ufuk minus 0 derajat 13 menit sampai minus 0 derajat 5 menit.

Usai sidang Itsbat, Menag menyampaikan amanah Presiden yang berpesan kepada semua pemuka dan tokoh agama serta pimpinan ormas Islam agar pelaksanaan qurban ini bisa dilakukan dengan baik dan tertib dan tidak menimbulkan hal hal yang tidak dikehandaki.

“Mudah-mudahan Idul Adha yang bisa menyatukan kita semua, memberikan keberkahan bagi umat Islam Indonesia,” ucap Menag.

Ketua Komisi VIII DP RI Ali Taher mengatakan, dirinya mengapresiasi kepada Kementerian Agama yang telah mampu mempersatukam umat Islam melalui sidang Itsbat dengan memberikan kepastian waktu pelaksanaan ibadah Idul Adha bersama.

“Ini menjadi momentum penting untuk membangun ukhuwah islamiyah,” ujar Ali Taher.

Hadir dalam sidang Itsbat tersebut Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Wakil Ketua MUI Abdullah Zaidi , Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Bimas Islam Machasin, tokoh dan pimpinan ormas Islam serta duta besar negara sahabat Islam.

Sebelum ini, Maklumat PP Muhammadiyah No: 01/MLM/1.0/E/2016 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan Syawal dan Zulhijah 1437 H, yang ditendatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir menetapkan, Tanggal 1 Zulhijah 1437 H jatuh pada hari Sabtu Legi, 3 September 2016 M. Hari Arafah (9 Zulhijah 1437 H) jatuh hari Ahad Wage, 11 September 2016 M dan Idul Adha (10 Zulhijah 1437 H) jatuh hari Senin Kliwon, 12 September 2016 M.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

HijaberTanpaJIL Adakan GenderTalk Waspadai Dibalik Agenda Kesetaraan Gender

HijaberTanpaJIL Adakan GenderTalk Waspadai Dibalik Agenda Kesetaraan Gender

‘Jika Toleransi Dikedepankan, Persekusi atas Ustadz Somad Tak Perlu Terjadi’

‘Jika Toleransi Dikedepankan, Persekusi atas Ustadz Somad Tak Perlu Terjadi’

Digugat Cerai Karena Keluar dari Islam Jamaah-LDII

Digugat Cerai Karena Keluar dari Islam Jamaah-LDII

Inilah Calon Investor Pembeli Bank Muamalat

Inilah Calon Investor Pembeli Bank Muamalat

BJ Habibie Akan Pidato dalam Muktamar ICMI

BJ Habibie Akan Pidato dalam Muktamar ICMI

Baca Juga

Berita Lainnya