Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Menag akan Buka Kompetisi Sains Madrasah di Pontianak

kemenag
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ke-5 di Pontianak 2016
Bagikan:

Hidayatullah.com– Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ke-5 di Pontianak Convention Center (PCC) akan dilaksanakan Selasa (23/08/2016) ini tepat jam 13:00.

“Semuanya ada 4 tarian tradisional yaitu Tari Selamat Datang, Tari Kreasi Melayu, Tari Menubak, dan Tari Kipas termasuk tradisi Tundang yang akan dibawakan oleh MTs Ma’arif Pontianak,” ujar Koordinator Panitia KSM 2016 bagian Protokol, H Razhali, Senin (22/08/2016) dikutip laman kemenag.go.id di Pontianak.

KSM 2016 akan dibuka langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang turut akan didampingi oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelius, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin, dan Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan beserta jajaran dan pejabat terkait. Acara akan berlangsung mulai tanggal 23-27 Agustus di Pontianak, Kalimantan Barat.

KSM merupakan ajang pembuktian prestasi para siswa madrasah dari seluruh Indonesia di bidang sains dan agama. Dari ajang ini, madrasah mempunyai bibit-bibit unggul yang akan meramaikan persaingan global. Terbukti tidak sedikit siswa madrasah yang meraih prestasi tertinggi di kompetisi sains internasional seperti matematika, kimia, fisika, robotik, dan penemuan-penemuan lain di bidang sains.

Dalam KSM ini kali, selain kompetisi sains dan Agama Islam, ada ada beberapa kegiatan antara lain Surya Game Online dan matematika gasing berbasis sains hasil kerja sama dengan Surya University, Workshop Motivasi Pengembangan Diri dan Rembug Nasional Bidang Sesiswaan Madrasah se-Indonesia.

Untuk tingkat MI/SD, bidang yang dilombakan adalah Matematika dan Agama Islam, IPA dan Agama Islam. Sedang tingkat MTs/SMP, ada Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam serta Fisika dan Agama Islam. Sementara untuk tingkat MA/SMU, ada 6 bidang perlombaan, yakni Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam, Fisika dan Agama Islam, Kimia dan Agama Islam, Ekonomi dan Agama Islam serta Geogragfi dan Agama Islam.

Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin menuturkan KSM merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Kementerian Agama untuk memotivasi siswa-siswi madrasah mempelajari sains. Tahun ini, KSM juga dilengkapi dengan ujian-ujian pelajaran agama Islam.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Prabowo Tegur Pengawalnya: Kamu Tidak Boleh Kasar kepada Rakyat!

Prabowo Tegur Pengawalnya: Kamu Tidak Boleh Kasar kepada Rakyat!

Umat Islam Desak Polisi Menindak Sukmawati

Umat Islam Desak Polisi Menindak Sukmawati

Mahasiswa Alumni Gontor Masih Bertahan di Suriah

Mahasiswa Alumni Gontor Masih Bertahan di Suriah

AS Dinilai Berperan Dalam Penindasan Muslim Rohingya

AS Dinilai Berperan Dalam Penindasan Muslim Rohingya

MUI Luncurkan TV untuk Mudahkan Sosialisasi Fatwa dan Produk halal

MUI Luncurkan TV untuk Mudahkan Sosialisasi Fatwa dan Produk halal

Baca Juga

Berita Lainnya